Jakarta –

Kemana-mana menggunakan handphone atau handphone saat mengemudi pasti dilarang. Pasalnya, mengoperasikan ponsel saat berkendara akan mengganggu konsentrasi berkendara. Hal ini dapat berakibat fatal dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Ada banyak kasus pengendara yang ditilang menggunakan ponsel saat mengemudi. Salah satu alasan utama dibalik larangan ini adalah karena dapat membuat pengemudi jengkel dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Namun di India, ada pengecualian yang memungkinkan pengendara di negara tersebut mengoperasikan telepon seluler. Seperti dikutip Cartoq, Menteri Perhubungan Jalan mengumumkan bahwa pemerintahnya telah mengeluarkan revisi peraturan baru. Orang yang menggunakan kendaraan sekarang dapat menggunakan ponsel untuk dua tujuan khusus.

Sesuai dengan revisi baru, regulasi menyebutkan pengemudi hanya boleh memegang ponsel untuk keperluan navigasi. Orang yang menggunakan kendaraan harus memastikan bahwa penggunaan alat tersebut tidak menyebabkan gangguan apapun.

Hal lain yang diperbolehkan adalah, pengendara dapat menggunakan ponsel untuk menunjukkan dokumen kendaraan kepada petugas polisi jika dihentikan.

Ya, di India amandemen peraturan lalu lintas memungkinkan pengemudi untuk menunjukkan dokumen kendaraan secara elektronik. Semacam SIM digital, pengemudi dapat menunjukkan SIM mereka melalui ponsel mereka.

Dokumen-dokumen ini divalidasi dengan sarana elektronik dan dapat disajikan sebagai pengganti dokumen fisik. Aplikasi online seperti DigiLocker dapat digunakan untuk menunjukkan dokumen mengemudi kepada petugas.

Perubahan baru ini dikatakan memberikan kemudahan bagi pengemudi dan petugas. Satu-satunya batasan dalam amandemen ini adalah dokumen yang disajikan secara elektronik melalui HP harus diverifikasi. Portal pemerintah seperti m-Parivahan dan DigiLocker menyediakan dokumen terverifikasi. Jika dokumen tidak diverifikasi, maka pengemudi harus menunjukkan dokumen fisik untuk diperiksa.

Jika SIM tidak valid, detail tentangnya akan tersedia di portal dan petugas dapat mengeceknya jika diperlukan. Semua data yang terkait dengan dokumen kendaraan akan disimpan dan dipantau secara elektronik untuk kenyamanan.

Tonton video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Melawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)