Jakarta –

Mobil saat ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Juga ditambahkan ke sensor deteksi ketika rusak.

Mobil yang sudah memiliki rem ABS memiliki indikator pada panel instrumen. Biasanya simbol ABS diapit oleh dua lengkungan. Jadi bagaimana jika indikator sistem ABS menyala atau berkedip?

Jika Anda mengalami kejadian ini, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan panik, karena rem pada mobil masih bisa berfungsi. Seperti yang dikatakan Kepala Bengkel Cilandak Auto2000, Suparna di bengkel Rem Mobil Lengkap # Peel & # 39; lokakarya dengan Toyota Yaris Club Indonesia.

"Jika indikator ABS menyala, pengemudi harus terlebih dahulu jangan panik. Jadi jika indikator ABS menyala, berarti sistem ABS tidak berfungsi, tetapi itu tidak berarti rem tidak berfungsi. Karena rem akan terus berlanjut. berfungsi, "kata Suparna.

Selanjutnya, kata Suparna. Indikator ABS menyala karena sensor ABS tidak berfungsi dengan benar. Kesalahan sistem disebabkan oleh berbagai hal, jadi kami membutuhkan alat khusus untuk mendeteksinya.

"Kedua, segera bawa kendaraan ke garasi. Biasanya karena sensor di roda depan kanan-kiri-belakang-depan, terkena kotoran dan membuat kesalahan sensor dan seolah-olah sensor tidak berfungsi. Itu harus di-reset atau bisa "Kabel itu digigit tikus, dan bisa diperiksa lagi," kata Suparna

Suparna menjelaskan bahwa indikator yang menyala berarti pemilik harus memberi perhatian khusus pada mobilnya.

"Tapi pengemudi tidak perlu khawatir, sistem ABS adalah sistem rem yang aman. Rem ABS berfungsi seperti pengereman tidak mengunci langsung, tanpa ABS rem akan mengunci. Jika Anda menggunakan ABS kita bisa lebih mudah menghindari tabrakan," Suparna kata.

Lihat video "Memahami 4 Bagian Penting di Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / riar)