Jakarta –

Mulai tahun depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP. MotoGP Indonesia akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Namun tidak lengkap rasanya jika MotoGP hadir di Indonesia namun tidak ada tim balap lokal yang berlaga di sana.

Indonesia akan punya tim balap untuk ajang MotoGP tahun depan. Namun tidak untuk kelas utama MotoGP, tim balap bernama Tim MotoGP Indonesia akan berlaga dengan cepat di kelas Moto2.

Rencana pembentukan Tim Moto2 itu disampaikan Ketua Tim MotoGP Indonesia, Rapsel Ali. Hal itu dikatakannya usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Jumat (9/10) kemarin.

Menurut Rapsel Ali, nantinya Tim MotoGP Indonesia akan menggandeng technical support dari negara lain. Dimas Ekky Pratama yang pernah berlaga di Moto2 beberapa waktu lalu akan menjadi pembalap untuk Tim MotoGP Indonesia.

Dimas Ekky Pratama akan menjadi pembalap untuk Tim MotoGP Indonesia. Foto: Mercy Raya

Febby Sagita, Direktur Operasi Tim MotoGP Indonesia, mengatakan saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa pihak untuk menuntaskan rencana mereka berlaga di Moto2.

“Dari kerjasama ini para teknisi, sepeda motor dipersiapkan dan melakukan rangkaian latihan seperti training camp. Inilah kekurangan Indonesia,” kata Febby.

Lantas, motor apa yang akan digunakan Tim MotoGP Indonesia untuk balapan musim depan? Seperti diketahui, balapan Moto2 memiliki pemasok mesin tunggal. Semua motor Moto2 mengusung mesin Triumph berkapasitas 765 cc. Mesinnya diambil dari basis motor produksi massal Triumph, seperti Triumph Street Triple.

Mesin kemenangan untuk Moto2 Foto: dok. MCN

Dilansir GP One, mesin berkonfigurasi tiga silinder 765 cc untuk motor Moto2 ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 140 tenaga kuda pada 14.000 rpm. Mesin tersebut mampu membawa motor Moto2 hingga kecepatan lebih dari 300 km / jam yang telah diraih Nicolo Bulega di Mugello.

Seperti yang disebutkan di atas, semua pebalap Moto2 menggunakan mesin Triumph yang sama. Namun sasis yang digunakan bisa bermacam-macam. Saat ini, konstruktor yang menyediakan sasis di Moto2 antara lain Kalex, MV Agusta, NTS, dan Speed ​​Up. Sasis Kalex sendiri memang menjadi pilihan dominan di beberapa tim Moto2 musim ini.

Tonton video "Hore! Indonesia akan selenggarakan MotoGP mulai tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)