Laporan terbaru yang dirilis pada 13 November dari Bloomberg menunjukkan Italia telah bangkit dari resesi dan GDP tumbuh sebesar 0,6 persen. Pemulihan Jerman dan Perancis, pasar ekspor terbesar negara itu, juga terdengar nada optimisme.

Mesin dan peralatan mekanis

Sektor rekayasa Italia, yang meliputi mesin dan peralatan mekanis, sekarang menjadi yang terbesar kedua di UE dan cepat menyusul dengan produsen Jerman terkemuka. Ini menghasilkan 18,7% dari mesin di Uni Eropa pada tahun 2008 dan juga membuat keuntungan yang signifikan di Rusia, Afrika dan Amerika Selatan.

Sektor ini didominasi oleh usaha kecil milik keluarga, dengan ukuran rata-rata tenaga kerja sekitar 13 orang, yang merupakan yang terendah di Eropa. Ada lebih dari 41.000 perusahaan manufaktur dan rekayasa di Italia dan sementara beberapa mengklaim kekuatan sektor ini terletak pada pendekatan bisnis keluarga yang sangat pribadi dan 'kecil itu indah', yang lain mengklaim bahwa ini adalah strategi berisiko seperti sikap kuno dan loyalitas keluarga. dapat menghambat kemajuan di pasar global.

Kesuksesan Italia yang berkembang di sektor ini telah melalui fokus pada kekuatannya – kualitas desain dan output mantap produk-produk teknik mid-range dari perusahaan-perusahaan kecil dan fleksibel dengan situs-situs mereka dengan mantap di pasar dunia.

Logam dasar dan produk logam fabrikasi

Mengingat Italia memiliki sumber daya mineral yang sangat sedikit dan harus mengimpor sebagian besar bahan bakunya, industri logamnya adalah industri besar dan penting dalam perekonomian negara, khususnya terkait ekspor. Setengah dari output besi negara berasal dari Isola d'Elba di lepas pantai Tuscany.

Italia memiliki 50.000 bisnis dan 850.000 pekerja di industri logam, mayoritas di utara. Di industri besi dan baja banyak perusahaan besar berada di pusat dan selatan negara.

Peralatan transportasi

Industri mobil Italia adalah perusahaan terbesar di negara itu dengan perkiraan 196.000 karyawan (2004). Sektor mobil didominasi oleh Fiat yang menempati peringkat nomor sepuluh di perusahaan manufaktur kendaraan bermotor terkemuka dunia, meskipun sebagai negara Italia hanya menempati urutan ke-17 dalam hal negara produsen kendaraan bermotor. Fiat menjalin kemitraan dengan produsen mobil AS Chrysler pada Mei 2009, indikasi yang jelas yang sekarang berusaha untuk menaklukkan pasar internasional setelah dominasi yang domestik. Itu juga bermaksud untuk membawa Alfa Romeo kembali ke pasar AS. Perusahaan membukukan laba tertinggi pada kuartal terakhir 2008, menentang penurunan global. Serta produksi dan ekspor merek mewah ikonik seperti Lamborghini, Ferrari dan Maserati, sektor ekspor transportasi juga termasuk mobil kota, kendaraan penumpang, kendaraan transportasi, trailer, dan suku cadang mobil dan aksesoris.

Pengenalan insentif oleh pemerintah untuk memperdagangkan mobil yang lebih tua untuk efisiensi energi yang lebih tinggi telah menghasilkan pendaftaran mobil baru meningkat sebesar 16% pada bulan Oktober.

Produk kimia dan serat sintetis

Ini adalah sektor penting bagi Italia. Dengan omzet 57 miliar euro, itu adalah produsen kimia terbesar keempat di Uni Eropa. Ada tiga ribu perusahaan di sektor ini yang mempekerjakan sekitar 126.000 orang.

Dari sekitar 200 distrik industri di Italia, hampir semuanya memiliki hubungan dengan industri kimia. Konsentrasi utama bisnis kimia Italia adalah di bagian utara negara itu, yang menyumbang 68% dari perusahaan kimia. Lombardy (Lombardia) sendiri menyumbang hampir setengah dari persentase itu dan merupakan wilayah teratas di Eropa dalam hal jumlah perusahaan di industri kimia dan wilayah terbesar kedua dalam hal karyawan.

Asosiasi Italia Fedechimica melakukan survei baru-baru ini tentang mengapa perusahaan asing menghargai melakukan bisnis dengan industri kimia Italia dan faktor-faktor utama termasuk: kualitas sumber daya manusia, ukuran pasar dan kualitas pelanggan, kualitas dan keandalan pemasok peralatan dan kualitas R & D

Penyebaran kepemilikan dalam industri kimia Italia adalah 41% UKM Italia, 23% perusahaan besar menengah dan Italia dan 36% perusahaan asing.

Pada Juni 2009, grup minyak dan gas Italia, ENI, mengumumkan telah berinvestasi 700 juta euro di industri ini antara tahun 2009 dan 2012.

Peralatan Listrik, Listrik, Elektronik, dan Peralatan Optik

Perkiraan menempatkan nilai pasar elektronik global pada $ 2 triliun per tahun, $ 275 miliar yang ada di semikonduktor. Sektor ini telah menderita dari krisis ekonomi global, tetapi analis perusahaan Gartner melaporkan pada Oktober 2009 bahwa industri menunjukkan tanda-tanda pemulihan, meskipun ini tidak akan stabil sampai 2010, dengan ponsel diharapkan untuk memimpin pemulihan.

Industri elektronik Italia mengalami penurunan pada akhir tahun 2008 dan kuartal pertama 2009, tetapi laporan terbaru oleh ISAE (Istituto di Studi Analisi Economica) tentang bagaimana industri itu sendiri merasa tentang pemulihan menunjukkan bahwa perusahaan di pusat dan selatan Italia merasa lebih optimis tentang masa depan. Ini mungkin karena mereka kurang terpengaruh oleh pasar internasional sementara perusahaan-perusahaan besar di barat laut dan timur laut lebih terpukul dan lebih berhati-hati. Yang mengatakan, tanda-tanda pemulihan lebih luas di utara.

Laporan lain dari Servizio Studi e Ricerche di Intesa Sanpaolo berfokus pada peran vital sumber daya manusia dalam industri elektronik. Sektor ini mempekerjakan 6,8% dari tenaga kerja manufaktur Italia dan memiliki persentase pekerja tertinggi di Uni Eropa. Sektor ini telah melihat kenaikan 10% dalam jumlah pekerja kerah putih yang sangat terampil dalam sepuluh tahun terakhir dari 20% pada tahun 1997 menjadi 30% di 2007, lebih tinggi dari industri manufaktur lainnya. Tambahkan ke persentase yang tinggi dari pekerja kerah biru berkaliber tinggi dan industri elektronik di Italia memiliki salah satu tenaga kerja paling terampil di Eropa, dengan pengecualian Garmany.

Italia terus berinvestasi dalam energi terbarukan dan ini, dikombinasikan dengan tujuan pemerintah untuk berinvestasi di bagian selatan negara itu telah menyebabkan beberapa perkembangan yang menarik. Perusahaan konstruksi fotovoltaik dan tenaga surya Italia Utara, Enerqos plc dari Milan, memiliki kontrak satu miliar euro dengan NextEnergy Capital dan sedang membangun empat surya di Puglia, di tumit sepatu bot Italia. Perusahaan ini juga memiliki lisensi untuk proyek di Sisilia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here