Jakarta –

Sering ditemui di jalanan ada pengendara sepeda motor mengawal ambulans. Salah satunya komunitas Indonesian Escorting Ambulance (IEA).

IEA adalah organisasi sosial yang mewadahi pengguna sepeda motor untuk membantu mobilitas ambulans. Komunitas ini telah resmi berdiri sejak 2017.

Jika Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi dan ingin menjadi sukarelawan, tidak sulit. Syarat utama untuk mengikuti organisasi kemasyarakatan ini adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) aktif dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Mereka punya KTP dan karena kami menggunakan sepeda motor, kami harus punya SIM aktif dan kelengkapan dokumen kendaraan,” kata pendiri IEA Nova Widyatmoko saat dihubungi melalui telepon, Jumat (9/10/2020).

Jika Anda sudah memiliki persyaratan di atas, Anda dapat langsung menghubungi contact point masing-masing wilayah. Saat ini, IEA memiliki lebih dari 2.000 anggota yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

“Nanti mereka akan menghubungi anggota pengurus daerah. Saya arahkan ke contact person melalui website IEA, ada contact person tiap daerah, tinggal menghubungi mereka untuk bergabung,” kata Nova.

Selain itu, perlu juga diingat bahwa organisasi ini sama sekali tidak mencari keuntungan. Semua kegiatan bimbingan ambulans dilakukan secara sukarela. Setiap anggota harus siap menerima segala konsekuensinya.

“Memang ini organisasi kemasyarakatan, jadi setiap anggota yang tergabung di sini paham akan konsekuensinya. Mereka harus siap meninggalkan gas, tenaga, pikiran sendiri. Jadi mereka hanya relawan,” pungkas Nova.

Tonton Video "Layanan Ambulans Uji Coba Inggris & # 39; Iron Man & # 39;"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)