Jakarta –

Pengajuan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dilakukan akhir pekan ini, Minggu (16/8/2020). Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyediakan tiga lokasi perpanjangan SIM di Jakarta dengan layanan mobile SIM.

Informasi yang diunggah akun Twitter TMC Polda Metro Jaya menyebutkan, ada tiga lokasi SIM seluler di DKI Jakarta saat ini. Diantaranya adalah Satpas SIM Daan Mogot, Green Terrace Taman Mini dan ITC Cempaka Mas.

Perpanjangan SIM pada SIM seluler dapat digunakan hari ini, Minggu (16/8/2020) mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

Dilansir Korlantas Polri, layanan perpanjangan SIM pada SIM seluler saat ini masih menggunakan SOP kesehatan. Pelamar harus memakai masker dan menerapkan jarak fisik.

Adapun yang disuguhkan dalam SIM seluler ini adalah aplikasi untuk perpanjangan SIM A dan SIM C sebelum masa berlakunya habis. Jika masa berlaku SIM sudah habis, maka Anda harus mengajukan permohonan penerbitan SIM Baru.

Untuk biaya perpanjangan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Persyaratan untuk ekstensi SIM A atau C meliputi:
1. Fotokopi KTP yang masih berlaku,
2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Pemeriksaan Kesehatan.

Tonton video "Jangan panik, dispensasi ekstensi SIM mati hingga 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)