Jakarta – Ban adalah salah satu komponen sepeda motor yang paling mudah. Memodifikasi ban dapat membuat penampilan motor terlihat berbeda. Apalagi jika ban yang digunakan besar alias gambot.

Tetapi dalam memodifikasi ban sepeda motor itu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, detikers. Perlu kehati-hatian saat memilih ukuran ban yang cocok untuk sepeda motor favorit Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh mekanik Duta Olahraga Motor Bekasi, Ryan Fasha, ban sepeda motor dapat ditingkatkan dengan ukuran 1 langkah atau 2 langkah lebih besar dari ukuran ban standar.

"Jadi misalnya pelek ukuran 17 bisa ditingkatkan dari ukuran 100 menjadi 110. Atau dari ukuran 120 bisa ditingkatkan menjadi 130," kata Ryan, kepada AFP, di Bekasi, Minggu (24/3/2019).

Ada beberapa efek negatif yang disebabkan oleh pilihan ban yang salah. Seperti dicatat, ada beberapa pemilik sepeda motor yang sebenarnya memilih ban sepeda motor yang tidak cocok dengan ukuran motor untuk versi estetika masing-masing.

Tetapi ini sebenarnya dapat memiliki efek buruk pada sepeda motor Anda.

"Jika bannya terlalu besar, sepeda motor menjadi boros karena tapak ban yang menempel ke aspal menjadi lebih besar. Ban juga menjadi berat, sehingga secara estetika tidak enak dipandang mata," lanjut Ryan.

"Sedangkan jika ban ditingkatkan dengan ukuran yang terlalu kecil, penanganan motor akan jauh berkurang dan peleknya cenderung rusak, jika Anda masih menggunakan pelek standar," pungkasnya. (lua / kering)