Jakarta –

Untuk detikers yang ingin memulai bisnis tetapi bingung memilih jenisnya, membuka bengkel ban patut dipertimbangkan. Selain mudah membeli peralatan, pengoperasian dan pemeliharaan bengkel ban sepeda motor relatif tidak terlalu sulit bagi mereka yang baru memulai bisnis.

"Untuk dapat membangun bengkel ban yang bervariasi, tergantung pada mesin apa yang akan dipilih atau selesai atau tidak. Itu akan mempengaruhi harga modal," kata Sales Manager PT Rema Tip Top Indonesia, Simson Batubara, kepada detikOto.

Simson menjelaskan bahwa untuk dapat memiliki bengkel ban tidak sulit, karena biasanya setelah konsumen membeli peralatan bengkel ban. Penjual seperti PT Rema Tip Top Indonesia akan memberikan pelatihan atau pelatihan dalam penggunaan alat bengkel.

"Tidak sulit untuk dapat memulai bisnis ini, biasanya jika kami menjual pelatihan di sana. Karena pengguna mungkin tidak dapat menginstalnya sendiri. Seperti mesin spooring ban, pasti seseorang yang dapat menyesuaikannya untuk menjadi lebih akurat. Jika terjadi sesuatu, kami juga akan menyediakan suku cadang. Karena kami adalah distributor dan kami menjual ada jaminan selama satu tahun, "kata Simson.

Alat untuk membuka bengkel ban Foto: Pool (PT Rema Tip Top Indonesia)

Untuk perawatan, lanjut Simson, bisa dilakukan sendiri dan secara berkala sehingga performa mesin tetap oke.

"Untuk pemeliharaan itu minimal, nanti saat pelatihan kami juga akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan. Jadi konsumen bisa melakukan perawatan per hari atau per minggu, misalnya kita harus memeriksa ini atau memeriksanya," katanya.

Lalu apa saja mesin yang harus dimiliki ketika Anda ingin memiliki bisnis perbaikan ban?

"Mesinnya terdiri dari mesin spooring, mesin balancing, dan alat bongkar muat ban, kompresor udara, jack, generator nitrigent. Ini mungkin mesin besar dan untuk merawat ban mobil. Mungkin nanti akan ada pendukung kunci, seperti untuk kejutan terbuka atau sesuatu, "katanya.

"Atau bisa juga membuka bengkel yang hanya menawarkan layanan penggantian ban. Misalnya, ban bocor dapat ditambal atau ban sobek juga dapat diperbaiki. Terserah konsumen apa yang mereka inginkan?" Samsson menambahkan.

Lihat video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era Normal Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)