Jakarta – Menjadi pembalap profesional bukanlah sesuatu yang mudah. Rio Haryanto, mantan pembalap Formula Satu (F1), Manor Racing Team membeberkan tiga faktor kunci yang selama ini ia pertahankan.

"Untuk menjadi sukses, menurut saya ada tiga faktor. Yang pertama adalah ambisi, kita harus memiliki ambisi untuk pergi," Rio dibuka setelah konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).

Setelah memiliki ambisi, Rio melanjutkan, kerja keras untuk membuktikan diri adalah hal yang paling penting. Tentu saja ini termasuk latihan keras dan disiplin.

"Yang kedua adalah kerja keras," lanjut Rio.

Maka yang tidak kalah penting menurut Rio adalah sikap. Dalam acara balap, koordinasi dan komunikasi dengan tim adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan.

"Dan akhirnya sikap pribadi. Ketiga hal ini menurut saya adalah kunci kesuksesan, tidak hanya di olahraga tetapi juga di bidang lain," kata Rio.

Kecepatan Rio Haryanto dalam balap F1 telah berhenti, kurangnya dorongan dan dukungan finansial menyebabkan dia harus meninggalkan balap F1 lebih cepat.

Tetapi kabar baiknya sekarang mendekatinya, Rio Haryanto dan T2 Motorsport akan kembali ke sirkuit untuk mengambil bagian dalam kejuaraan Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/2020. (riar / lth)