Jakarta – Belajar mengendarai mobil tidak hanya berbicara tentang cara mengoperasikan pedal rem, gas, kopling dan tuas transmisi. Belajar mengendarai mobil harus sangat pintar dalam memperkirakan situasi di luar mobil.

Dijelaskan oleh instruktur sekolah mengemudi Ar Rahman, Sariin, ada beberapa hal yang sulit dipelajari oleh pengemudi mobil pemula.

"Untuk para siswa kursus, yang paling sulit biasanya adalah perasaan mengukur tubuh mobil. Jadi misalnya ketika persimpangan dengan mobil lain ada di jalan sempit, masih banyak yang ragu," kata Sariin, ditemui oleh AFP di Cipinang, Jakarta Timur.

Selain ketika bersinggungan dengan mobil lain, pengendara pemula yang kesulitan belajar juga saat ingin berbelok. Hanya tip, jika Anda ingin berbalik atau berbalik, ambil jalur terluar, sehingga ketika mobil berubah fender atau bodi mobil aman dari dampak potensial.

Sekolah Mengemudi Foto: Lutfi Anshori / detikOto

"Yang sulit adalah belajar ketika membawa mobil di atas tanjakan. Kadang-kadang instruktur jika mereka mengajar siswa di jalan-jalan yang tenang mereka mulus. Tetapi ketika itu di jalan yang sibuk, mereka suka kosong. "Sariin melanjutkan.

Tidak hanya dalam kondisi pendakian atau ketika Anda ingin berbelok, parkir juga bisa menjadi salah satu pelajaran yang perlu dilakukan berkali-kali hingga pengendara motor pemula berjalan lancar.

"Itulah sebabnya kami memiliki jam pelatihan khusus untuk latihan panjat dan parkir ini. Parkir membutuhkan pelatihan tambahan saat Anda ingin parkir di tempat yang sempit atau saat Anda ingin parkir paralel," pungkasnya. (lua / lth)