Semua bus New Nissan Terra digunakan di jalan dan di jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Semua jenis kendaraan SUV terbaru Nissan Terra, Nissan adalah SUV yang memiliki fitur pintar. Fitur pintar juga hadir dalam varian transmisi otomatis 4×4, yang jarang ditemukan di kendaraan SUV lainnya.

Selain bisa digunakan di jalan (on road), All New Nissan Terra juga bisa digunakan saat off road. Presiden Direktur, PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi mengatakan teknologi keselamatan termasuk kontrol yang lebih baik.

"Itu dengan sistem kunci 4WD-DIFF, Hill Start Assist dan Hill Descent Control," kata Sekiguchi di Tangerang, Senin (4/3).

Fitur-fitur ini akan mengendalikan mobil di jalan menanjak dan turun sangat tajam dan mengontrol pergerakan roda mobil itu sendiri. Terutama, pada saat turunan yang tajam, pengemudi sebenarnya tidak perlu mengerem karena fitur Hill Descent Control. Mobil akan mengerem sendiri, setelah membaca kondisi mobil menuruni jalan yang turun tajam selama beberapa detik.

Guncangan di dalam kabin juga terasa lebih aman dan tidak terlalu keras karena telah dibasahi dengan rangka tangga dasar yang dilengkapi dengan sistem suspensi pegas belakang kumparan lima tautan, serta gandar roda belakang yang kaku. Bahkan pada kontur tanah yang basah dan licin, mobil masih stabil dan terkendali.

Mobil ini juga masih aman ketika melewati genangan air setinggi 50 sentimeter. "Kendaraan ini sangat ideal untuk Indonesia dengan ground clearance terbaik, dengan ketinggian 225 milimeter mengurangi risiko kerusakan dari jalan dan lokasi banjir yang tidak rata," kata Sekiguchi.

Selain itu, pada aspal (di jalan), mobil ini juga memiliki 190 tenaga kuda dan torsi 450 Nm. Artinya, mobil ini cukup prima baik digunakan di jalan maupun di jalan.

"Kendaraan ini, dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari serta perjalanan yang menantang," kata Sekiguchi