Jakarta –

Startup Inggris menemukan airbag sebagai alat pengaman bagi para pengguna sepeda. Perusahaan, yang disebut Hovding, menawarkan penutup kepala pelindung yang dapat secara otomatis mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Hovding menemukan perangkat seperti kerah yang berisi airbag. Kerah akan mengembang dan menutupi kepala saat jatuh. Tentunya helm airbag yang telah melewati serangkaian tes ini memiliki respons dan perlindungan yang baik dalam keadaan darurat.

Pelindung kepala ini adalah generasi ketiga yang disebut Hovding 3. Dirilis tahun lalu, Hovding 3 kini telah terintegrasi dengan teknologi dan baterai terintegrasi yang lebih tahan lama.

Hovding 3 juga membuktikan bahwa dia lebih baik daripada helm sepeda tradisional. Menurut sebuah penelitian oleh perusahaan asuransi Folksam, Hovding 3 adalah 8 kali lebih aman daripada helm biasa.

Foto Helm Hovding Airbag: visualatelier8.com

"Hovding 3 memberikan perlindungan terbaik dan mencatat hasil tes terbaik sejauh ini mengenai penyerapan tabrakan dan mengurangi dampak kecelakaan. Dibandingkan dengan helm, risiko cedera otak menggunakan Hovding tujuh kali lebih rendah," kata Folksam dalam siaran pers .

"Ini adalah dukungan yang sangat kuat dari kemampuan perlindungan Hovding. Tes Folksam komprehensif dan melebihi persyaratan hukum. Hasil unggul Hovding membuat kami lebih bertekad untuk melanjutkan misi kami untuk melindungi lebih banyak pengendara sepeda," kata CEO Hovding Fredrik Carling.

Hovding 3 dapat berkembang dalam 0,1 detik dari sensor selama gerakan yang tidak biasa. Udara akan mengisi dan mengelilingi leher dan kepala. Sensor membaca pola pengendara sepeda 200 kali per detik, sehingga kemungkinan penundaan sangat kecil.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth dan dapat memanggil nomor darurat atau kontak yang dipilih jika terjadi kecelakaan. Hovding juga dapat dikaitkan dengan ponsel cerdas dan menggunakan aplikasi khusus.

Hovding 3 hadir dalam satu ukuran dan mudah disesuaikan dengan menggunakan tombol. Pembeli juga dapat menyesuaikan helm karet ini dengan warna berbeda. Harga untuk Hovding 3 mulai dari USD 283 atau sekitar Rp 4 juta.

Lihat videonya "Luar Biasa! Polisi Riau Gunakan Deteksi Virus Robocop Helmet"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)