Jakarta –

Honda Astrea Black Impressa telah disuntik sampai mati. Sekarang muncul di jejaring sosial dijual dengan harga Rp. 100 juta.

Fantastis untuk harga sepeda motor 4 tak, bagaimana tidak, dengan harga resmi bisa mendapatkan mobil bekas atau motor sport 250 cc. Namun, penjualan sepeda motor Astrea Grand tua dengan label lebih dari Rp 50 juta bukanlah yang pertama kali terjadi.

Misalnya pada 2018 lalu, akun Instagram Zubastian Rachman mengatakan Astrea Grand 1991 penuh dan dijual dengan harga fantastis Rp. 80 juta.

Lalu bagaimana dengan kondisi Astrea Black Impressa lansiran 1997 ini?

Hasan, yang mengunggah iklan untuk penjualan sepeda motor, mengatakan kondisi sepeda motor itu bisa disebut New Old Stock. Masih asli, kilometer rendah, pajak hidup, dan sertifikat kendaraan lengkap.

Speedometer Honda Astrea Grand pada tahun 1997 Foto: doc. Seri Facebook / Hasan

"Pembelian pada 1997, perjalanan itu hanya dibawa dari dealer ke rumah. Kilometer itu dicetak pada speedometer 3,7 kilometer," kata Hasan saat dihubungi detikOto, Selasa (28/4/2020).

Pemeliharaan hanya memanaskan mesin di tempat, tanpa dibawa keluar rumah. Dari foto yang dibagikan sepertinya motor ini masih dalam kondisi standar, jok masih dibungkus plastik.

Meski begitu, Hasan mengatakan kondisi motor yang jarang digunakan bukan tanpa kekurangan utama di sektor kaki.

Honda Astrea Rp. 100 juta Foto: doc. Seri Facebook / Hasan

"Faktor umur, berdebu, tidak seperti sepeda motor baru yang waspada pada 2020. Kira-kira (motor baru) masih terlihat jelas semua."

"Kondisi itu karena sudah puluhan tahun membutuhkan perawatan seperti di kaki ada bercak, karat tidak, hanya karena efek puluhan tahun sehingga perlu disentuh." dia menjelaskan.

Lihat video "Memahami Aturan Mengemudi Saat PSBB Melalui Video Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)