Jakarta – Selain bentuknya yang tidak seperti mobil penumpang, hal lain yang membuat mobil F1 terlihat berbeda dalam tampilan polos adalah ban. Dengan bentuk balon bundar dan ban mobil F1 yang terbuat dari bahan khusus.

Ban khusus yang diuji dengan mobil F1 berkecepatan tinggi memiliki struktur bahan pembentuk ban yang unik. Scott Mansell yang mendapatkan mantan Pirelli F1 mengungkapkan seperti apa ban F1 dengan membelahnya.

Menggunakan gergaji rantai kecil, Mansell menunjukkan bagian atau sisi ban F1 yang biasanya tidak muncul di layar kaca saat menonton balapan. Proses pembelahan ban ini cukup menarik, embusan dan percikan karet timbul karena terpotongnya bahan kawat yang membentuk ban.

Struktur utama ban dibagi menjadi 3 bagian utama, Bead yang bergesekan langsung dengan pelek, dinding samping, dan tapak ban.

Bagian paling tebal dari ban F1 adalah manik itu sendiri dan yang paling kaku di antara bagian lainnya. Bahannya terbuat dari kawat baja yang dilapisi karet untuk memberikan pegangan pada velg. Untuk mendukung cengkeraman ban pada velg ketika ada gesekan tinggi ada & # 39; kerutan & # 39; di dalam.

Bagian dalam ini tidak kalah penting dalam balap mobil super cepat. Saat pengereman dengan kecepatan tinggi, jika bagian dalam ban tidak menggenggam roda dengan buruk, berbagai masalah kontrol akan muncul.

Sementara itu dinding samping atau dinding samping lebih tipis dan terbuat dari karet sepenuhnya. Bagian ini dibuat untuk dapat memberikan fleksibilitas pada ban yang akan diisi angin sesuai kebutuhan.

Akhirnya, tapak ban bersentuhan langsung dengan aspal. Bagian ini cukup keras tetapi fleksibel yang membedakannya dari bagian dalam ban. Bagian tapak ban ini juga mengandung kawat baja.

[Gambas:Youtube]

(rip / lth)