Putra sulung Jokowi memerintahkan sepeda motor khusus ke Katros Garage

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Toko sepeda motor Katros Garage membocorkan tampilan motor custom terbaru yang diperintahkan oleh putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming. Diketahui bahwa putra sulung Jokowi menggunakan layanan Katros Garage untuk menyesuaikan sepeda motor jenis sepeda mini, dengan model yang menyerupai Honda Dax.

"Ini adalah motor Mas Gibran. Bentuknya mirip dengan Honda Dax, sasis dibuat industri rumahan di Jawa. Mas Gibran sudah punya motor ini selama bertahun-tahun tapi tidak digunakan. Akhirnya ketika dia tahu saya, dia menawarkan saya untuk mengerjakan sepeda motor ini, "kata pemilik Katros Garage, Andi Akbar atau yang akrab dipanggil Atenx ketika ditemui di sela-sela acara talk show dan coaching clinic di acara Adira Finance Friends Riders, di Jakarta, Jumat (11/16).

Motor ini menggunakan mesin Honda Supra 110cc. Dalam prosesnya, Atenx mengklaim bahwa dia tidak membuat banyak reformasi. Ia hanya mengganti sejumlah komponen, seperti kursi, knalpot, lampu, dan shockbreaker.

Perubahan besar sebenarnya terjadi pada penampilan sepeda motor, di mana Gibran meminta agar motor Honda Dax buatan dicat ulang dengan tema Off-White. Off-White adalah label streetwear Italia dan fashion mewah yang secara luas dipakai oleh orang-orang muda dalam gaya hipebeast.

"Mas Gibran memberi saya sepeda motor, lalu dia bilang dia menginginkan sepeda motor Off-White. Saya sedang mencari di internet dan ternyata Off-White adalah garis, jadi saya menerapkannya pada sepeda motor ini dan dia kebetulan menyukainya , "kata Atenx.

Atenx membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan untuk menyelesaikan pemrosesan khusus sepeda motor. Saat ini, ia dan timnya hanya harus merakit sepeda motor menjadi satu unit, lalu diserahkan kepada pemiliknya.

Mengenai biaya Gibran untuk sepeda motor kustom ini, Atenx tidak menyebutkan angka pasti. Namun dia mengatakan bahwa biasanya untuk pekerjaan sepeda motor khusus, ia menetapkan tarif sekitar Rp 5 juta.

Ini bukan pertama kalinya bagi Katros Garage untuk mengerjakan sebuah sepeda motor khusus yang dipesan oleh Gibran. Pada pertengahan tahun lalu, bengkel yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, juga menyelesaikan pesanan dari bisnis katering Chilli Pari untuk memodifikasi motor Royal Enfield Classic Battle Green 500cc.