Jakarta – Nissan Motor Indonesia (NMI) baru-baru ini meluncurkan MPV baru, All New Livina, yang memiliki basis desain dari Mitsubishi Xpander. Bahkan platform yang digunakan oleh keduanya sama.

Jika dilihat, strategi berbagi platform ini mirip dengan Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan duet Avanza-Xenia.

"Baru saja meluncurkan Nissan Livina (baru). Ini strategi yang sama seperti Toyota dan Daihatsu. Toyota telah mengembangkan Avanza. Daihatsu, Xenia. Mitsubishi, Xpander dan Nissan, Livina," kata General Manager Eksekutif PT Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Soerjo itu, kolaborasi antara Mitsubishi dan Nissan dengan Xpander dan Livina akan menjadi sesuatu yang menarik.

"Kolaborasi kedua (model) akan menarik. Kami akan melihat hasilnya. Jika itu ada di Avanza, kolaborasi itu akan memakan waktu lama. Sekarang, apakah Livina akan mengganggu Xpander, perlu diamati, "lanjut Soerjo.

Namun menurut Soerjo, kehadiran Livina baru diharapkan akan mempengaruhi penjualan Xpander. "Jika Anda melihatnya dari posisi indent. Mitsubishi mengatakan (Xpander) inden terus-menerus, maka Livina dengan model baru cukup bagus, ya di masyarakat. Mungkin orang pindah ke Livina," katanya lagi.

"Jika saya menjadi pelanggan, saya akan lebih suka Nissan Livina, karena apa? Karena head to head itu. Hanya masalah waktu. Nah, maka saya katakan bahwa strategi kolaborasi harus hati-hati. Jika kita Daihatsu sudah dari 2004 ya "pungkasnya. (lua / lth)