Jakarta – Ducati Panigale V4S adalah model Ducati terbaru yang menggantikan seri L-Twin Panigale. Sepeda motor ini telah dipasarkan di Indonesia, di bawah PT Cakra Motor Sports.

Salah satu orang pertama yang beruntung memiliki turunan teknologi MotoGP ini adalah Sandy Indra Ariska. Pengendara motor dari kota Bandung menjadi orang pertama di Indonesia yang memiliki Ducati Panigale V4S.

"Saya bangga (menjadi pemilik pertama Ducati Panigale V4S). Jika saya lihat, ada banyak yang tertarik dengan sepeda motor ini. Itu hanya karena rezeki (saya mengerti)," kata Sandy, di Ducati Flagship Store, di Kemang, Jakarta Selatan, pada hari Minggu (4/7/2019).

Sandy membeli Panigale V4S dengan harga Rp. 1,2 miliar di jalan di Jakarta. Dia rupanya membeli sepeda motor ini secara kredit.
"Saya membeli kredit, uang muka adalah Rp. 360 juta. Saya mengambil tenor 4 tahun," lanjut Sandy, membenarkan biaya angsuran lebih dari Rp. 10 juta per bulan.

Pria yang berprofesi sebagai wiraswasta ini mengaku sudah lama menunggu sepeda motor cepat ini.

"Saya bertujuan untuk itu dari Desember 2018. Sebelumnya, saya menggunakan sepeda motor Yamaha R25. Ini (Ducati Panigale V4S) adalah 1.000 cc," pungkasnya.

Sekadar informasi, Ducati Panigale V4S adalah salah satu varian dari Panigale engine-V4.

Motor ini memiliki mesin 1.103 cc, dengan konfigurasi V, dan memiliki tenaga maksimum 211 hp pada 13.000 rpm dan torsi 124 Nm pada 10.000 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, motor ini hanya memiliki bobot 195 kg.

Dari segi fitur, Panigale V4 S dilengkapi dengan sokbreker Öhlins NIX-30 depan, dan Öhlins TTX36 di belakang. Termasuk damper kemudi Öhlins, dengan kontrol elektronik semi aktif.

Suspensi elektronik menawarkan pilihan mode manual, yang dapat diatur dengan kompresi dan rebound. Ketika mode Dinamis dipilih, maka secara otomatis menyesuaikan kompresi dan pelemahan rebound dalam menanggapi input driver dan permukaan jalan atau trek.

Ducati Panigale V4S juga dilengkapi fitur elektronik lengkap seperti 6-axis Inertial Measurement Unit (6D IMU). Fitur ini terdiri dari ABS Cornering Bosch, Kontrol Traksi Ducati EVO (DTC EVO), Kontrol Geser Ducati (DSC), Kontrol Roda Ducati EVO (EWC EVO), Peluncuran Daya Ducati (DPL), Peluncuran Cepat Ducati Atas / Bawah EVO (DQS EVO) )), dan Kontrol Rem EVO (EBC EVO).

Sebagai informasi, selain Sandy, Ducati Panigale V4S juga dibeli oleh BennyMeitra, yang juga seorang pengusaha.

(lua / kering)