Vallelunga, Italia – Sebelum membeli mobil, banyak hal yang diperhatikan. Selain mempertimbangkan harga, orang Indonesia biasanya memeriksa kekuatan mobil dengan mengetuk badan. Bagaimana dengan orang Eropa, terutama orang Italia?

Berbicara dengan detikOto, salah satu pengunjung ke Final Lamborghini Super Trofeo 2018, Charle, mengatakan bahwa orang Italia biasanya memeriksa fitur keamanan mobil terlebih dahulu. Seperti jumlah airbag, istirahat kepala lengkap, sabuk pengaman, dan sebagainya.

"Khusus untuk mobil kecil seperti VW Polo, ini yang sering dilakukan. Setelah itu, periksa kekokohan, fitur, harga dan pajak. Oh, jangan lupa juga memperhatikan performa mobil," kata Charlie seperti dilansir Reuters. oleh detikOto Ruly Kurniawan dari Vallelunga, Italia Pada Selasa (20/11/2018).

Tapi memeriksa kekuatan sebuah mobil bukan dengan mengetuk badan. "Buat saya, lakukan test drive di jalan yang cukup bergelombang dan lihat stabilitas saat berbelok. Tapi tidak jarang mereka yang tidak melakukan itu, mereka hanya melihat hasil uji tabrak lari," jelasnya.

Pentingnya memperhatikan fitur keselamatan di mobil sebelum membawanya pulang karena di Italia cukup rawan kecelakaan mobil seperti tabrakan.

"Ya, tabrakan cukup lumrah di sini. Karena banyak orang yang ngebut, mereka ingin buru-buru ke tujuan mereka. Terutama di malam hari," kata salah satu awak Automobili Lamborghini, Simone, saat berada di Roma, Italia. (ruk / ddn)