Jakarta –

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru saja mencoba kendaraan taktis (rantis) buatan industri dalam negeri, bernama Maung. Rantis Maung diteliti dan dikembangkan oleh PT Pindad (Persero). Apa spesifikasi mobil perang ini?

Direktur Pindad menjelaskan, Abraham Mose, Maung adalah kendaraan taktis ringan yang telah membawa penggerak empat roda (4 x 4). Mobil ini diklaim telah lulus tes dan dapat digeber dalam batas kecepatan aman.

"Tipe mesinnya adalah turbo diesel 4-silinder, 2.400 cc, lalu 6 percepatan. Kemarin kami mencoba melewati tes ke kecepatan yang aman 120 km / jam. Dan lauved 80 km / jam juga tidak ada masalah," kata Abraham, via telepon ke detikOto, Senin (13/7/2020).

Abraham melanjutkan, sebelum rawa Maung diadili oleh Prabowo, partai Pindad telah melakukan sejumlah tes silang seperti berjalan di tanah berpasir dan gambut.

"Lalu yang penting adalah bahwa (rantis-Red) telah dilengkapi untuk tipe militer, dilengkapi dengan braket senjata kaliber 7,62, dilengkapi dengan konsol senapan serbu SS2 V4," lanjut Abraham.

Rantis Maung juga menggunakan suspensi independen, dilengkapi dengan 4 buah penarik, termasuk winch (alat penarik) dengan kemampuan menarik beban hingga 4,5 ton.

"Terus menjadi umum, ada fitur standar untuk militer, gunakan jerigen bahan bakar berkapasitas 2 x 20 liter, sudah ada lampu mati, dan GPS, sehingga sudah luar biasa," jelas Abraham.

Abraham juga menjelaskan bahwa reruntuhan Maung dirancang sepenuhnya oleh para ahli Indonesia. Mulai dari desain, plat besi, ban, kaca, hingga aksesori di dalamnya. Namun untuk mesinnya masih menggunakan alat pacu jantung milik sebuah SUV Jepang, Toyota Hilux.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo berbagi pengalamannya saat mencoba reruntuhan Maung. Dalam tweet di akun Twitter dan Instagram resminya, Minggu (13/7/2020), Prabowo mencoba teka-teki di Sentul International Circuit.

"Pada sore ini, saya dan tim dari PT. PINDAD mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang kami beri nama Maung," kata Prabowo.

Lihat videonya "Suding Prabowo, Jokowi Meminta Produk Belanja dari Luar Negeri Direm"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)