Surabaya adalah pembukaan GIIAS karena memiliki daya tarik bagi industri mobil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua penyelenggara GIIAS 2019 yang juga Ketua Ketiga Gaikindo, Rizwan Alamsjah mengatakan alasan Surabaya adalah kota pembuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Seri. Surabaya, katanya, adalah kota yang memiliki daya tarik besar dari industri mobil Indonesia, setelah Jakarta.

"Karena kami menganggap Surabaya memiliki potensi besar dari pameran dan penjualan kendaraan otomotif di Indonesia," kata Rizwan pada konferensi pers di Jakarta Selatan, Selasa (26/2).

Pameran di Surabaya sendiri, katanya, berlangsung 10 hari. Pameran otomotif ini diharapkan dapat digunakan oleh peserta sebagai tempat untuk memperkenalkan teknologi mobil dan meluncurkan produk baru.

Di GIIAS Surabaya, selain adanya program tahunan seperti test drive, test rides, pertemuan komunitas, dan kontes otomatis, kali ini GIIAS juga akan dimeriahkan oleh program Autopreneur GIIAS. Program ini akan menghadirkan beberapa influencer otomotif dan pakar otomotif untuk memberikan pengetahuan tentang bisnis otomotif.

Ia berharap, semangat "Future in Motion" akan hadir di GIIAS melalui berbagai teknologi kendaraan terbaru yang dipamerkan oleh berbagai merek. Inspirasi teknologi, katanya, akan dikemas di semua sisi, mulai dari pemilihan produk dan teknologi otomotif terbaru.

"Kami mengharapkan pameran yang paling komprehensif. Karena Indonesia menjadi perhatian dunia. Karena pada kenyataannya, pasar mobil Asia Pasifik benar-benar diperhatikan oleh para pemain otomotif di dunia," katanya.

Direktur Acara Seven Events, Agus Riyadi, mengatakan bahwa GIIAS diadakan di empat kota karena pameran di daerah perlu lebih profesional. Pameran mobil, katanya, idealnya memiliki beberapa merek untuk ditampilkan.

"Pameran ini harus memiliki beberapa merek. Dan harus ada standar. Itulah yang ingin kita coba ubah. Setelah beberapa kali kita pergi ke daerah, kita merasa bahwa ini sepertinya daerah harus distandarisasi. Jadi kita lalu jadikan GIIAS di daerah itu sebagai satu seri, "katanya.

GIIAS The Series adalah pameran otomotif terlengkap di Indonesia. Selama penerapannya pada 2015-2018 terdapat lebih dari 300 merek, yang terdiri dari 40 merek kendaraan global, dan ratusan merek dari industri pendukung.

GIIAS The Series akan berlangsung di kota Surabaya, tepatnya di Grand City Mall, pertama sebagai pembukaan pada 25 Maret mendatang hingga 7 April 2019. Kemudian GIIAS akan diadakan di Jakarta, tepatnya di ICE BSD, pada 18 Juli- 28, sebagai acara GIIAS ke-27.

Selanjutnya, GIIAS Seri dilanjutkan di Kota Makassar, tepatnya di Celebes Convention Center pada 4-8 September. Kemudian, Seri GIIAS akan ditutup di Kota Medan, tepatnya di Santika Convention Center pada 23-27 Oktober.