Seoul – Masuknya era kendaraan listrik tidak serta merta mengurangi jumlah kendaraan yang beredar. Maka stasiun pengisian baterai listrik diperlukan di berbagai titik. Namun kehadiran tempat parkir yang secara bersamaan menyediakan stasiun pengisian daya dianggap bukan solusi yang efektif jika era kendaraan listrik benar-benar terjadi.

Oleh karena itu, Hyundai dan Kia bekerja sama dengan Sistem Parkir Valet Otomatis (AVPS) akan memperkenalkan sistem pengisian nirkabel kendaraan listrik atau sistem pengisian mobil nirkabel otomatis.

Jadi, mobil listrik yang kekurangan daya baterai akan secara otomatis ditempatkan di stasiun pengisian listrik untuk diisi ulang. Sementara mobil yang sudah bertenaga penuh akan pindah ke tempat parkir tertentu. Semua itu hanya bisa dilakukan di ponsel.

Jadi, pemilik kendaraan listrik tidak perlu mengantri untuk mengisi ulang baterai kendaraannya. Sebab, lokasi parkir dan pengisian mobil listrik akan sangat penuh di tahun mendatang (ketika era kendaraan listrik benar-benar terjadi).

Teknologi canggih ini rencananya akan diperkenalkan sekitar tahun 2025, ketika kendaraan otonom tingkat 4 sudah menjadi hal biasa. Karena untuk dapat beralih ke era itu semua kendaraan listrik, fasilitas parkir, sistem pengisian daya, dan pengemudi harus terhubung.

Hyundai dan Kia juga berencana untuk menjual mobil otonom atau otonom di kota-kota tertentu pada tahun 2021. Sembilan tahun kemudian, tepatnya tahun 2030, pembuat mobil Korea Selatan akan meluncurkan mobil otonom penuh.

[Gambas:Youtube]

(ruk / ddn)