Yang paling penting adalah mengidentifikasi jenis kendaraan sebelum melewati jalan banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memasuki bulan November, perubahan cuaca dan meningkatnya curah hujan semakin umum terjadi, mengakibatkan jalanan stagnan, bahkan banjir. Untuk alasan ini, ekstra hati-hati dan perhatian diperlukan oleh pengemudi untuk mendukung penciptaan keamanan di jalan.

Hal ini mendorong Chevrolet untuk menyajikan beberapa panduan dan tips untuk meningkatkan keselamatan saat bepergian. Bagus saat melakukan kegiatan sehari-hari, serta bepergian bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

"Kami ingin mengundang pengemudi untuk memprioritaskan keselamatan di mana pun, kapan pun dan oleh siapa pun. Berkendara selama musim hujan membutuhkan lebih banyak perhatian, terutama dalam kesiapan kendaraan di jalan yang licin dan banjir," kata Direktur Komunikasi & Urusan Luar Negeri GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono , dalam keterangannya kepada Republika.co.id pada Sabtu (3/11).

Jika Anda harus melalui jalan banjir, Chevrolet menyajikan beberapa tips ketika Anda memasuki jalan banjir atau banjir:

1. Hindari mengemudi melalui genangan air yang lebih tinggi dari roda kendaraan Anda atau trotoar. SUV jenis besar atau truk pikap, dapat mempertahankan daya hingga tingkat genangan tertentu. Kenali jenis kendaraan Anda sebelum melewati jalan yang banjir.

2. Jika Anda harus melalui jalan yang banjir, matikan pendingin kabin dan turunkan jendela. Mengemudi dalam kondisi jalan yang tergenang dengan AC pada dapat mematikan mesin, karena kipas elektronik akan berputar dan menyebabkan air untuk dapat menekan dan masuk ke mesin. Jika mesin tidak mati, kipas elektronik akan mulai berputar dan menarik puing-puing yang mengambang di air sehingga dapat memecah kipas dan membuat mesin menjadi terlalu panas. Setelah keluar dari air, injak rem perlahan untuk mengeringkan mesin. Injak rem dengan kaki kiri Anda jika Anda sudah familiar dengan teknik ini. Berhentilah sejenak dan pastikan kendaraan Anda tidak memiliki kantong plastik atau puing-puing lainnya yang terperangkap di dalam grille atau sirip radiator di bagian belakang.

4. Setelah mengemudi melalui jalan yang stagnan, bersihkan kendaraan Anda terutama di bagian bawah dan roda kendaraan. Hapus rumput, daun, dan noda kotoran yang tersisa dan dapat menyebabkan percikan api jika tertinggal di dalam mesin. Kemudian, ganti oli transmisi karena air mungkin masuk ke sistem. Bersihkan karpet mobil Anda untuk mencegah jamur dan bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut.