Jakarta –

Kecelakaan tidak hanya bisa terjadi karena kelalaian diri Anda, tetapi juga karena pengendara lain yang menggunakan jalur yang sama seperti Anda.

Karena itu Anda harus tetap fokus ketika berada di jalan raya untuk menghindari kemungkinan buruk ini. Selain fokus pada memperhatikan jalan di depan mata Anda, Anda juga harus fokus pada memperhatikan keadaan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang harus dilakukan ketika kecelakaan benar-benar terjadi sebagai langkah antisipasi lebih lanjut. Dilansir dari Nerd Wallet, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat mengalami kecelakaan mengemudi.

1. Periksa cedera tubuh
Pertama kali Anda mengalami kecelakaan, pastikan sebelumnya apakah Anda dan penumpang lainnya cedera atau tidak. Namun, keamanan pribadi adalah hal utama.

Jika ada cedera, maka Anda harus segera meminta bantuan dari orang lain yang ada di sekitar area untuk membawa Anda atau penumpang lain ke rumah sakit terdekat.

2. Pindah ke area yang lebih aman
Jika terjadi kecelakaan di tengah jalan raya, lebih baik memindahkan kendaraan ke tepi terlebih dahulu. Anda dapat meminta bantuan dari orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, juga penting untuk menginstal segitiga bahaya untuk memperingatkan mobil lain untuk berhati-hati ketika mulai mendekati area kecelakaan.

3. Kumpulkan dokumentasi kecelakaan
Mengumpulkan dokumentasi kecelakaan penting, ini terkait dengan pengajuan klaim asuransi kendaraan. Anda perlu mengambil foto setiap detail kecelakaan mulai dari kerusakan yang terjadi serta daerah sekitarnya.

Selain itu, penting juga untuk menanyakan nomor telepon saksi jika mereka mau memberikannya. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses klaim asuransi kendaraan nanti.

4. Ajukan klaim asuransi kendaraan
Klaim asuransi kendaraan bertujuan untuk memastikan bahwa biaya perbaikan kendaraan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan memiliki polis asuransi kendaraan, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perbaikan mobil. Tetapi ini juga tergantung pada jenis pertanggungan yang Anda miliki.

Selain itu, Mega Vehicle juga menanggung risiko kendaraan roda empat dengan jaminan TLO atau komprehensif (semua risiko) dan juga dapat ditambahkan ke risiko bencana alam (angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung berapi), kerusuhan, terorisme & sabotase dan atau kecelakaan baik pengemudi dan penumpang.

Bagi mereka yang tidak memiliki polis asuransi kendaraan, Anda dapat memilih asuransi kendaraan dari Mega Insurance (Mega Vehicle) yang menanggung risiko dengan jaminan TLO (Total Lost Only) jika terjadi kehilangan atau kerusakan di atas 75% dari jumlah pertanggungan .

Menyerahkan polis asuransi dan klaim Kendaraan bahkan lebih mudah tanpa meninggalkan rumah karena Mega Insurance Assistant (MIA) sekarang hadir sehingga pelanggan dapat mengajukan polis asuransi online.

Lihat videonya "Mobil Nyemplung di Kalimalang, Ibu Membunuh Anak yang Hanyut"
[Gambas:Video 20detik]
(ega / ega)