Fujikawaguchiko – Menyesuaikan mobil sesuai keinginan pemiliknya mungkin sudah biasa di pabrikan Eropa. Pabrikan Eropa seperti Ferrari, Lamborghini, menawarkan paket penyesuaian untuk mobil yang dijual. Jadi, konsumen dapat memilih opsi pelapis interior, warna, dan pelek.

Tapi ini menjadi hal baru bagi mobil Jepang. Biasanya pemilik yang tidak puas dengan mobil mereka memilih untuk memodifikasinya sendiri. Ini mendorong Toyota untuk menghadirkan kustomisasi mobilnya.

Jadi, konsumen Toyota ketika membeli mobil baru dijual ditawarkan paket opsional dalam bentuk aksesori tambahan untuk mobil mereka. Pilihannya juga bervariasi, ada kustomisasi eksterior untuk interior.

Namun tidak semua mobil Toyota dapat dikustomisasi sesuai keinginan. Innova baru, Fortuner dan Yaris. Mobil terlaris di Indonesia, Avanza, belum dimasukkan dalam daftar mobil Toyota yang dapat dikustomisasi seperti Lamborghini.

"Intinya, semua model akan diperkenalkan dari Toyota Customization Option (TCO) dan juga komersial, tetapi tahap awal fokus pada 3 model ini sementara kami mengembangkan program dan aplikasi," kata General Manager Eksekutif PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto melalui konferensi video di Tominoko Hotel. Fujikawaguchiko, Sabtu (13/1/2018).

Berbeda dengan penambahan suku cadang secara umum, dengan TCO masa garansi komponen ditanggung oleh garansi tiga tahun.

Saat ini sebagian besar kustom baru hanya pada layar. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa performa mesin bisa ditingkatkan. (kering / rgr)