Jakarta –

Bandung dikejutkan dengan kecelakaan yang dialami oleh sebuah tangki saat menabrak gerobak dan sepeda motor di pinggir jalan. Ngomong-ngomong, jika Anda menjadi supir tank, Anda harus punya SIM atau tidak?

Diberitakan sebelumnya, empat sepeda motor dan satu truk penjual gorengan ditabrak tangki. Peristiwa ini terjadi di Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam video yang berhasil direkam warga, terlihat tangki melaju cukup kencang sambil bermanuver ke kiri menuju Rajamandala. Tangki seakan kehilangan kendali, bahkan melayang, lalu menabrak gerobak dan beberapa sepeda motor di pinggir jalan.

Jika mengendarai kendaraan konvensional memerlukan surat izin mengemudi, apakah mengemudikan tank juga memerlukan surat izin?

Sgt. Bobby Ewing dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, seperti dikutip dari northescambia, mengatakan personel militer yang mengendarai tank tidak wajib memiliki surat izin mengemudi konvensional. Namun, mereka diharuskan menjalani pelatihan khusus untuk jangka waktu tertentu.

"Tidak (perlu). Tapi ada latihan yang harus diikuti," ujarnya.

Dari pelatihan mengemudi kendaraan tempur, anggota TNI akan mendapatkan semacam sertifikat kelayakan.

Anggota militer tersebut akan menerima surat penugasan yang menyatakan bahwa ia mampu mengendarai tank. Surat tugas bahkan menyebutkan tipe dan tipe tank tertentu yang bisa dia kendarai. Ini juga berlaku untuk kendaraan militer lainnya.

Ini tidak sebatas mengendarai tank, tapi juga berbagai tipe dan tipe kendaraan militer lainnya. Ketentuan serupa juga berlaku di beberapa negara lain.

Tonton video "Ups! Tank TNI Tabrak Gerobak Motor di Bandung Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(din / din)