Jakarta –

Di sirkuit sambil mengendarai sepeda motor, Valentino Rossi adalah seorang legenda. Di balik itu, ia juga memiliki jiwa dan kemampuan bisnis yang kuat. Nama VR46 adalah ladang uang di kampung halamannya.

Rossi telah mengubah kota kecil bernama Tavullia, yang terletak di dekat pantai Provinsi Urbino, Italia, menjadi tujuan wisata MotoGP. Berkat Rossi, Tavullia menjadi kota dengan nuansa MotoGP terkuat di dunia.

Di kota inilah markas fanclub Rossi. Di sanalah Rossi menghabiskan banyak waktunya untuk melatih dan mendidik pembalap muda berbakat di VR46 Riders Academy. Jangan lupa Rossii juga punya private race track di kawasan bernama Motor Ranch.

Ini adalah kota bersejarah bagi Rossi. Di sana, puluhan tahun lalu dia mulai melatih bakat balapnya. Ketika banyak anak seusianya turun ke lapangan untuk berlatih sepak bola, Rossi memilih berada di 'jalanan'. Ia lebih memilih berada di aspal dengan sepeda motornya.

Kampung halaman Rossi kini menjadi tujuan wisata para penggemarnya. Foto: AFP / MIGUEL MEDINA

Serba Rossi di Tavullia 46

Nah tentunya kisah tersebut hanya sebuah kisah manis untuk dikenang, mengingat Rossi telah mengharumkan nama kampung halamannya. Rossi juga tak lepas dari kulitnya dengan mendirikan Tavullia 46 yang merupakan daya tarik wisata utama kotanya.

Tavullia 46 adalah toko yang menjual berbagai pernak pernik terkait Rossi. Ini adalah surga bagi para penggemar The Doctor.

Kesan pertama saat memasuki Tavullia 46 adalah kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai merchandise, apel, foto, dan banyak hal lainnya yang 'berbau'. Rossi. Selain merchandise yang berhubungan dengan Rossi, Tavullia 46 juga memiliki restoran pizza hingga toko es krim.

Di samping toko merchandise, bisnis terbesar Rossi tentu saja di bidang olahraga. Seperti yang sudah disebutkan, Rossi memiliki VR46 Riders Academy, yang melahirkan pebalap berbakat di Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia serta banyak pebalap lain di kelas Moto2 dan Moto3.

Kampung halaman Rossi kini menjadi tujuan wisata para penggemarnya. Foto: AFP / MIGUEL MEDINA

Omset Ratusan Miliar Per Tahun

CEO VR46 Alberto Tebaldi mengatakan Rossi memiliki standar tinggi dalam menjalankan bisnisnya di Tavullia. Tidak hanya dari segi penjualan merchandise, pihak akademi balap juga dituntut memiliki kualitas terbaik.

"Kami memulainya pada 2009 saat Val memutuskan membangun landmark olahraga ini. Dia ingin merchandising kualitas terbaik dan dia ingin itu dilakukan di sini," kata Tebaldi.

Teman masa kecil Rossi, Alessio Salucci yang juga tergabung dalam bisnis ini, tak pernah menyangka bisa menggelar bisnis sebesar ini. Perlu diketahui, Tavullia 46 memiliki omzet tahunan sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp. 522 miliar.

Kampung halaman Rossi kini menjadi tujuan wisata para penggemarnya. Foto: AFP / MIGUEL MEDINA

"Dulu ada empat atau lima dari kami yang berkumpul bersama di tikungan ini dan sementara semua pemain lain ingin bermain sepak bola, kami jauh lebih tertarik pada sepeda motor, yang merupakan tradisi di sini," kenang Salucci.

Kini popularitas Rossi tak bisa menghentikan wisatawan berbondong-bondong ke Tavullia. Setiap ada event, setidaknya ada puluhan ribu fans Rossi yang akan memadati tempat tersebut. Desa yang dulunya sepi menjadi ramai.

“Sebelum Valentino menjadi Valentino, suasana di sini sunyi. Tanpa dia, tempat ini akan suram dan kurang menarik,” kata Salucci.

"Hari ini Tavullia dikenal di seluruh dunia. Itu telah memungkinkan kami untuk membuat bisnis, instalasi olahraga, sekolah sepak bola, segala macam hal tentang Valentino. Jika wilayahnya seperti sekarang ini, sebagian terima kasih kepada uang yang diberikan Valentino, "lanjutnya. .

Jika Anda tersesat di sini dan tidak pernah melihat ke tempat ini sebelumnya, Anda akan mengatakan ini adalah taman hiburan untuk para penggemar Valentino Rossi. Mulai dari nama Pizza, toko suvenir, dan berbagai bisnis di sini menggunakan embel-embel Rossi. Bisa dibilang Rossi sudah menjadi jantung kehidupan bagi kota Tavullia sendiri.

“Valentino senang bisa memberikan kehidupan kepada desanya, semua yang bekerja di sini berasal dari Tavullia, Rimini dan Pesaro,” pungkas Salucci.

Tonton Video "Rossi Seventh in MotoGP Qualification Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)