Jakarta –

Pasar mobil listrik Amerika Serikat akan semakin semarak. Perusahaan China dikabarkan akan menyerbu AS dengan mobil listrik murah.

Perusahaan mobil listrik dari Cina adalah Kandi. Dikutip dari The Drive, Kandi bahkan berencana segera memperkenalkan dua mobil listrik itu untuk pasar Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Dua mobil listrik yang siap diluncurkan adalah K23 dan K27. Jika dijual pada tahun 2020, mereka akan menjadi mobil listrik termurah yang bisa dibeli orang Amerika.

Disebutkan bahwa K27 akan dilepas dengan harga USD 20.499, namun setelah menerima kredit pajak federal harganya akan berada di kisaran USD 13.000 (sekitar Rp 190 juta). Sedangkan K23 yang memiliki ukuran lebih lebar akan dibanderol dengan harga US $ 30.000, yang akan turun menjadi sekitar US $ 20.000 (Rp292 juta) setelah menerima kredit pajak federal.

Kabarnya, Kandi juga telah mendaftarkan merek kedua mobil tersebut agar bisa memenuhi standar uji tabrak dan uji jarak tempuh di Amerika Serikat. Namun hingga saat ini belum ada data mobil Kandi di dua badan standardisasi.

K27 diklaim mampu menembus jarak 160 km dengan sekali pengisian. Mobil ini memiliki baterai dengan kapasitas 17,69 kWh. Sedangkan K23 memiliki baterai 41,4 kWh dan mampu menempuh jarak 290 km dalam sekali pengisian daya.

Interior mobil listrik Kandi Foto: kandiamerica.com

Berbeda dengan Tesla yang tampil futuristik, modern, dan minimalis, Kandi lebih mirip mobil citi hatchback yang memiliki banyak warna di jalanan kota-kota besar di dunia. Sebagai perbandingan, Tesla termurah yang dijual di Amerika Serikat dibandrol dengan harga US $ 40.000 (sekitar 584 juta).

Kedua model Kandi yang akan dipasarkan di Amerika Serikat tersebut dilengkapi fitur audio bluetooth, kamera, dua airbag di bagian depan, dan pengereman antilock.

Tonton Video "Kreativitas Membuat Mobil Listrik, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(din / lua)