Keuntungan penting menggunakan nitrogen adalah mencegah ban pecah.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK –Dalam kendaraan, ban adalah salah satu penopang utama dan cukup signifikan dalam menentukan keselamatan berkendara. Karena itu, pengendara disarankan memperhatikan ban kendaraan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengisi udara di ban menggunakan gas nitrogen. Pendiri dan CEO My Nitro, Muchlis mengatakan, udara dalam ban memiliki kontribusi yang signifikan dalam menentukan kondisi ban kendaraan.

"Untuk pengisian ban, nitrogen memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan udara normal," kata Muchlis pada peluncuran My Nitro Outlet di Cinere, Depok, Jawa Barat pada Sabtu (25/7).

Menurutnya, salah satu keuntungan penting menggunakan nitrogen adalah mencegah ban pecah. Mengingat, salah satu ban meledak karena kenaikan suhu ban karena cuaca dan tekanan.

Nitrogen dianggap mampu berperan untuk menekan suhu karena nitrogen adalah gas yang memiliki titik didih lebih tinggi daripada udara biasa. Selain itu, lanjutnya, unsur kimia dengan titik didih 195,8 derajat Celcius juga memiliki sejumlah keunggulan lain dalam menjaga kondisi ban kendaraan.

"Molekul nitrogen lebih ringan dan lebih besar dari udara biasa," katanya.

Dengan karakter ini, berarti bobot ban akan lebih ringan dan membuat tenaga kendaraan dapat disalurkan dengan lebih efisien. Kemudian, molekul yang lebih besar memudahkan ban untuk tidak kehilangan tekanan udara yang disebabkan oleh udara yang merembes baik dari celah ban atau melalui katup atau katup katup.

Semua keunggulan ini kemudian membuatnya percaya diri dalam menghadirkan fasilitas pengisian untuk ban kendaraan. Apalagi, gas yang digunakan oleh My Nitro adalah gas nitrogen murni dengan persentase hingga 99,99 persen yang dihadirkan bekerja sama dengan perusahaan gas bernama Samator.

"Dengan konten itu, berarti gas yang kami gunakan tidak mengandung H20," katanya. Dengan begitu, gas nitrogen juga berperan dalam menjaga daya tahan ban. Mengingat, tanpa adanya H20, gas dalam ban tidak bersifat korosif sehingga kondisi fisik ban tetap terjaga.

Dengan semua keunggulan ini, ia juga optimis bahwa My Nitro mampu memberikan solusi bagi pengemudi yang berorientasi pada efisiensi dan keselamatan berkendara. Sebab, nitrogen dianggap cukup berperan dalam menjaga kinerja ban dan memperpanjang usia ban.

Nitro saya adalah penyedia pengisian nitrogen yang telah beroperasi selama tujuh tahun. Untuk memfasilitasi pengemudi, My Nitro, yang juga hadir dengan model bisnis waralaba, juga dilengkapi dengan sistem pembayaran tanpa uang tunai.

Dengan tarif mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 10 ribu per ban, pengendara dapat menikmati layanan My Nitro yang kini juga hadir di sejumlah mini market sehingga lebih mudah dijangkau oleh publik.