Jakarta –

Isle of Man Tourist Thropy menjadi seri balapan paling berbahaya di dunia. Juara dunia MotoGP Marc Marquez enggan mempertaruhkan nyawanya di ajang balap legendaris yang diadakan sejak 1907 di Isle of Man, Inggris.

"Saya sangat menghormati pembalap yang membalap di sana, tapi saya tidak suka balapan itu," katanya seperti dikutip GPOne, Minggu (21/6/2020).

Marquez mengatakan dia tidak pernah tertarik untuk turun di lomba. Di mata pengendara Repsol Honda ini, The Isle of Man TT adalah acara balap yang membahayakan nyawa, dan tidak cocok dengan gaya balap. Dia dengan tegas menyatakan bahwa dia bersaing untuk bersenang-senang dan "tidak menderita dan membahayakan hidup".

"Aku suka bersenang-senang, menikmati sepeda motor, mencari batasan; pergi ke Isle of Man berarti mempertaruhkan hidupmu, jadi aku melihat."

"Aku naik sepeda untuk bersenang-senang, tidak menderita dan membahayakan hidupku." Marquez menjelaskan.

Tidak bisa membuat kesalahan kecil, kombinasi lintasan sempit dan motor dengan kecepatan tinggi bisa menjadi insiden mengerikan hingga berujung pada kematian. Dari tahun 1907 hingga 2019, total 151 pembalap kehilangan nyawanya saat berlaga di Isle of Man TT.

Belum tercatat pembalap MotoGP pindah ke acara balap tahunan ini, Valentino Rossi sebelumnya pernah mencoba trek Isle of Man TT pada 2009 tetapi hanya melakukan lap hormat, bahkan pada kecepatan rendah dengan Giacomo Agostini.

Lihat video "Marc Marquez Betah di Honda, Jangan Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)