Isuzu Indonesia masih memproduksi Panther.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa hari yang lalu, informasi telah menyebar di media sosial terkait dengan penghentian proses produksi Isuzu Panther. Namun, Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan bahwa sampai sekarang produk tersebut masih dalam jalur produksi Isuzu.

Public Relations IAMI, Cynthia Chacha Febrina, mengatakan bahwa penjualan untuk Isuzu Panther terus berjalan karena sampai sekarang produk tersebut masih memiliki penggemar setia. "Kami masih berproduksi. Permintaan pelanggan juga masih ada," kata Cynthia kepada Republika.co.id, Senin (24/2).

Ketika ditanya tentang nasib Panther di masa depan, dia mengatakan bahwa IAMI belum menentukan masalah keputusan tersebut. Mengingat, ada sejumlah hal yang masih perlu dipertimbangkan dengan cermat.

"Nasib Panther juga terkait dengan kebijakan mengenai standar emisi Euro IV. Hingga saat ini, kami masih menunggu keputusan dari manajemen," katanya.

Isuzu Panther adalah produk yang dipresentasikan pada tahun 1991. Produk ini adalah mobil impian keluarga karena dikenal ekonomis dan keras kepala. Selain itu, mobil MPV ini juga laris karena memiliki kabin yang lapang.

Awalnya, produk ini hadir dengan desain yang cenderung kotak sehingga disebut kotak Panther. Pada tahun 2000, desain Panther mulai lebih aerodinamis dan disebut sebagai kapsul Panther. Hingga saat ini, MPV diesel ini telah hadir dalam empat generasi.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO), penjualan Panther memang menurun. Pada 2018, penjualan masih akan menyentuh seribu unit. Namun, pada 2019, penjualan hanya akan turun menjadi 681 unit.