Jakarta – Hujan yang tak menentu kerap membuat pemilik kendaraan malas membersihkan kendaraan. Alasannya, toh, akan turun hujan lagi. Dalam jangka menengah, ini akan berdampak pada kusamnya kendaraan terutama untuk sepeda motor berwarna doff.

Sepeda motor jenis matte atau doff semakin diminati oleh orang Indonesia. Ini terbukti dari banyaknya produsen terkait yang menghadirkan jenis warna ini pada menu. Dengan warna-warna ini, motor terlihat lebih elegan dan sporty.

Namun, sepeda motor yang memiliki tipe doff cenderung lebih rentan terhadap kusam. Karena cat motor tidak dilapisi dengan pernis. Jadi dalam hal perawatan, motor jenis ini perlu mendapat perhatian.

Meluncurkan halaman resmi Suzuki Indonesia, merawat motor dengan berbagai jenis cat doff dengan tipe glossy. Motor tidak boleh dicuci menggunakan sabun yang mengandung deterjen.

Alasannya adalah karena cat jenis doff memiliki entitas memudar dua kali lebih cepat. Sementara deterjen memiliki sifat asam yang berisiko membuat cat memudar lebih cepat. Jadi gunakan sabun cuci khusus yang memiliki PH netral.

Selanjutnya, jangan gunakan semir motor apa pun. Dalam memilih bahan polesan, disarankan untuk menggunakan yang berbahan dasar air, jangan memilih yang berbahan dasar minyak seperti motor yang biasa digunakan dengan warna tipe glossy.

Jangan terlalu malas untuk membilas sepeda motor setelah menembus hujan lebat. Air hujan yang mengering dengan sendirinya pada motor akan membuat cetakannya berkarat. Jika Anda sudah terkena ini, akan sangat sulit untuk membersihkannya. (ruk / rgr)