Maranello – Jika Anda memiliki banyak uang dan diklasifikasikan sebagai kolektor Ferrari, Anda pasti dapat meminta Ferrari untuk membuat 1 unit mobil khusus. Ya Ferrari menghasilkan Ferrari P80 / C khusus untuk hanya satu klien.

Mobil itu dibuat oleh Pusat Styling Ferrari, di bawah arahan Flavio Manzoni dan tim teknik dan aerodinamis. Mereka bekerja dengan klien, berbagi prinsip dan visi, untuk menciptakan "Pahlawan Mobil" terbaru dengan jiwa yang benar-benar unik dan otentik.

Proses pembuatan Ferrari P80 / C Foto: Ferrari

Seperti biasa, Ferrari dalam siaran persnya tidak menyebutkan siapa kliennya. Yang pasti dia adalah seseorang yang ahli di dunia Ferrari, dari keluarga penggemar dan pengagum Kuda Jingkrak sejak lama, dan dia sendiri adalah kolektor Ferrari yang pintar dan berpengetahuan luas.

Brief dasar klien adalah membuat prototipe mobil sport modern yang terinspirasi oleh model ikonik dalam sejarah Ferrari, seperti: 330 P3 / P4 di satu bagian dan Dino 206 S pada 1966 di sisi lain. Pekerjaan mobil dimulai pada 2015, sehingga proyek P80 / C tercatat memiliki waktu kerja paling lama dari semua jenis produksi seri edisi khusus terbatas dari satu unit Ferrari lainnya.

Mobil aslinya adalah 488 GT3. Sesuai dengan kerangka Ferrari 488 klasik di mana kokpit cenderung ditempatkan di tengah, kerangka GT juga memungkinkan desainer untuk menekankan efek lanjutan pada bagian belakang yang memanjang, dalam memberikan karakter yang lebih agresif dan padat. Ini adalah salah satu pilar gaya P80 / C dari awal proses desain.

Ferrari P80 / C Foto: Ferrari

Bentuk irisan mendominasi tampilan samping di bagian depan mobil. Penampilan sengit di bagian depan dan belakang dengan kokpit di antaranya lebih ditekankan oleh dukungan luas yang meluas ke arah corong udara di samping. Ini memberi kesan bahwa kabin sepenuhnya terintegrasi dengan bodi, dan dapat ditekan lebih jauh oleh kaca depan yang mengacu pada penampilan ikonik dari seri mobil sport sebelumnya. Dukungan juga menyatu ke atap yang menunjukkan efek visor dari rumah kaca. Semua fitur ini adalah referensi tidak hanya untuk 330 P3 / P4 tetapi juga menghormati Dino dan 250 LM sejalan.

Sisi jendela samping menyatu dengan jelas dengan tas lebar yang dibuat oleh corong udara samping yang memberikan gerakan dinamis ke sisi belakang. Garis ini menyeimbangkan sisi depan dan memisahkan bagian belakang mobil secara jelas.

Foto: Ferrari

Dari atas mobil, jelas bahwa bodi mobil lebih besar di roda depan, lalu menyempit tajam, menciptakan kurva garis di pinggang mobil di sekitar pintu belakang dan kemudian melebar di ekor mobil. Bingkai ikonik ini juga dikonfirmasi dengan mendukung pilar C yang secara fisik terlepas dari kabin.

Selain itu, pilar C juga membungkus corong masuk, sementara di sisi lain pilar juga menampilkan tetesan tajam antara atap dan permukaan penutup mesin belakang. Jika dibandingkan dengan kelanjutan garis atap normal di atas penutup mesin, solusi yang lebih ekstrem ini lebih disukai karena dapat membuat bagian belakang kokpit besar dengan kaca belakang vertikal.

Bagian depan mobil memiliki geometri gaya catamaran formal. Efek menonjol dari hidung yang ditekankan oleh bentuknya yang hampir seperti sayap mempengaruhi bagian utama dengan sangat efektif. Ventilasi udara radiator besar terletak tepat di belakang struktur seperti sayap ini dan saluran keluar ini terletak di kap depan yang menggarisbawahi sayap yang tampak berotot dan kuat.

Foto: Ferrari

Fakta bahwa P80 / C hanya dihomologisasi untuk digunakan di trek, berarti bahwa mobil ini dapat digunakan tanpa komponen penting yang ada di jalan mobil, dan yang juga akan sangat mempengaruhi gaya pengaturan.

Lampu utama klasik dihilangkan, lebih tepatnya telah dikurangi menjadi celah kecil di bagian depan mobil yang mengingatkan pada aliran udara pada 330 P3 / P4. Berbeda dengan 330, pada P80 / C, pekerjaan tidak diarahkan pada grille oval tetapi lebih mirip dua tas yang diukir di bagian depan mobil.

Desain P80 / C dibuat agar terlihat jelas. Meski seluruhnya terbuat dari serat karbon, hanya bagian-bagian dengan fungsi teknis ketat yang dibiarkan kosong, sementara bodi mobil utama telah dicat dengan karakter cerah Rosso Vero. Namanya dipilih oleh klien, membuktikan kesetiaan klien terhadap mobil sport Ferrari untuk pilihan warna.

Interior Ferrari P80 / C sangat mirip dengan mobil asli dengan memasukkan roll cage ke dalam bodywork. Sisi dashboard telah dirancang ulang dari versi 488 GT3, seperti pintu dan panel panel dan yang terbaru adalah bagian serat karbon yang tidak memiliki pengaruh pada bobot mobil.

(ddn / ddn)