AVAS adalah solusi untuk mobil listrik Jaguar IPace yang tidak memiliki suara mesin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jaguar telah memproduksi kendaraan listrik terbaru dengan nama Jaguar I-Pace. Hanya saja tanpa suara mesin, listrik Jaguar I-Pace memerlukan cara lain untuk memperingatkan pengguna jalan yang buta, dan rentan terhadap penglihatan.

Jaguar telah merancang Audible Vehicle Alert System (AVAS) untuk mobil listrik pertama yang, kata perusahaan itu, memenuhi semua peraturan global di masa depan. Suara buatan ini dapat didengar dengan kecepatan hingga 20kph, dan melebihi minimal 56dB (A) yang diperlukan oleh undang-undang Eropa yang akan datang untuk semua kendaraan listrik baru pada bulan Juli 2019.

Perusahaan, dalam sebuah pernyataan kepada media, menambahkan bahwa suara Saya-Kecepatan telah diuji oleh anggota Anjing Pembimbing untuk Orang Buta, lembaga amal terkemuka di Inggris untuk orang-orang yang terkena dampak kehilangan penglihatan, sebagai bagian dari pengujian yang dilakukan. oleh Jaguar.

"Ketiadaan kebisingan mesin tradisional dari EV menciptakan masalah bagi pejalan kaki yang rentan, seperti orang buta. Hal ini terutama berlaku pada kecepatan rendah di pusat kota dan tempat parkir. Kami mengembangkan AVAS untuk I-Pace untuk memastikan keamanan pengguna jalan, "Kata Iain. Suffield, spesialis teknis Jaguar, dikutip dari laman Financialexpress pada Minggu (21/10).

Insinyur Jaguar bekerja selama empat tahun untuk mengembangkan soundtrack yang terdengar, tetapi tidak dapat didengar dari dalam kendaraan. Menariknya, upaya awal untuk menciptakan suara yang diilhami oleh suara pesawat ruang angkasa sci-fi harus ditunda setelah pejalan kaki bereaksi dengan melihat ke langit, daripada di jalan, ketika kendaraan mendekat.

AVAS dipancarkan dari speaker yang terletak di belakang gril depan, dan dapat didengar ke segala arah. Tanda akan meningkat dalam nada dan volume sesuai dengan kecepatan kendaraan dan, jika dibalik, disertai dengan nada tambahan yang menunjukkan perubahan arah. AVAS, tidak diperlukan pada kecepatan yang lebih tinggi karena ada angin yang cukup dan suara ban untuk pejalan kaki untuk mendengar kendaraan mendekat.

Sebelumnya Jaguar meluncurkan I-Pace awal tahun ini. Mobil ini adalah SUV lima kursi, dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 90kWh. Mulai dari 0-100kph dalam 4,5 detik dan memiliki jangkauan hingga 470-km (WLTP).