Banyak alasan pengguna masih suka menggunakan mobil transmisi manual.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Kemajuan teknologi telah membuat transmisi otomatis mampu mendukung kinerja yang efisien, praktis namun tetap agresif. Tidak mengherankan, mobil otomatis sekarang menjadi pilihan utama di pasar otomotif sehingga ada beberapa produk yang hanya ditawarkan dalam transmisi otomatis.

Namun, bukan berarti mobil dengan transmisi manual kemudian punah. Sebab, masih ada pecinta otomotif yang masih menyukai transmisi manual untuk pertimbangan kesan berkendara dan performa. Oleh karena itu, sejumlah merek masih menawarkan opsi transmisi manual dan sering dikaitkan dengan produk yang berorientasi kinerja.

Dilansir dari Car and Driver, Senin (22/6), mayoritas, opsi manual saat ini masih ditawarkan pada produk supercar, hatchback, dan sedan. Salah satu produk yang masih menghadirkan opsi itu adalah Aston Martin Vantage. Produk ini dengan mesin V8 twin-turbo 4 liter juga ternyata masih memanjakan penganut "pria sejati menggunakan tiga pedal" melalui opsi transmisi manual tujuh percepatan.

Selain itu, produk lain yang juga menawarkan opsi manual adalah BMW 2 Series. Melalui varian ini, pecinta kendaraan manual dapat menikmati transmisi manual enam kecepatan pada produk 230i, coupe M240i, convertible M240i, M2 Competition dan M2 CS.

Tidak hanya itu, pabrikan Jerman itu juga masih menghadirkan pergeseran stick melalui BMW Seri 4 melalui trim 430i, 440i, 430i Gran Coupe, dan 440i xDrive.

Kemudian, Chevrolet Camaro masih menghadirkan varian yang tetap mempertahankan keberadaan stick shift. Transmisi manual enam kecepatan juga dapat dinikmati mulai dari trim dengan mesin turbo 2 liter hingga trim dengan mesin supercharged V8 6,2 liter.

Nah, untuk produk dari pabrikan Jepang, pemuja tiga pedal prestise masih dimanja oleh Honda. Sebab, pabrikan masih menawarkan opsi manual untuk Honda Accord dan Honda Civic.

Selain itu, pecinta transmisi manual juga masih ditampung oleh beberapa produk lain seperti Chevrolet Corvette, Dodge Challenger, Ford Mustang, Kia Forte, Lotus Evora GT, Mazda 3, Porsche 718, Porsche 911, Toyota Corolla, Toyota Yaris, Volkswagen Golf dan Volkswagen Jetta.

Melalui sejumlah line-up, tampaknya pabrikan tersebut sengaja menghadirkan opsi manual untuk sejumlah pertimbangan. Mengingat, alasan bagi para pecinta transmisi manual juga bervariasi dari pertimbangan kebiasaan, kesan berkendara hingga keinginan untuk bernostalgia dengan tuas persneling dan pedal kopling.