Jakarta – Wacana sepeda motor mengenai tol yang disuarakan oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) disambut baik. PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana membangun jalur sepeda motor di jalan tol.

Rencana CMNP akan memiliki jalur khusus bermotor di tol Bandung dan Medan. CEO CMNP Tito Sulistio mengkonfirmasi bahwa CMNP berencana untuk membangun jalan tol untuk sepeda motor tahun ini.

"(Mulai dibangun tahun ini) Jika semua persyaratan termasuk perjanjian konsesi (perjanjian konsesi) selesai. Bandung diharapkan memiliki terobosan. Medan, atas perintah Gubernur 28 Juli, dia ingin memulai," Tito memberi tahu detikOto melalui pesan singkat, Jumat (8/2/2019).

Tito mengatakan, gagasan membangun jalan tol untuk sepeda motor ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2009. Seperti yang diberitakan sebelumnya, memang diatur mengenai tol untuk sepeda motor.

Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2009 merevisi PP 15/2005 dengan satu paragraf ditambahkan ke Pasal 38 tentang ketentuan sepeda motor melalui jalan tol. Satu paragraf tambahan menjelaskan aturan tentang apakah sepeda motor dapat melintasi jalan tol. Sebelumnya, PP 15/2005 hanya ditulis dalam paragraf 1 yang menyatakan bahwa jalan tol ditujukan untuk pengguna yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

"Di jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus untuk kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang ditujukan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih," kata PP 44/2009 Pasal 38 ayat 1a yang menjelaskan tentang sepeda. jalan tol khusus sepeda motor.

"Jika dipesan sesuai PP 44 (Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2009) kami akan siapkan. Ini berarti tol khusus bermotor adalah tambahan untuk mobil (seperti di Bali). Ya ada jalur khusus (untuk sepeda motor) menurut PP 44 / 2009, "kata Tito.

Ide CMNP disambut oleh Bamsoet. Melalui siaran persnya, Bamsoet menghargai wacana CMNP sebagai manajer jalan tol untuk membuat jalur untuk sepeda motor.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada CNMP sebagai manajer jalan tol yang tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga memberikan solusi bagi kesulitan sebagian besar karyawan kami yang masih tinggal di rumah-rumah BTN di pinggiran kota dan hanya memiliki moda transportasi roda dua atau bermotor untuk dapat "pulang-pergi dari rumah ke bekerja di kota dengan tingkat keamanan yang tinggi di jalur tol khusus karena satu arah dan kepastian waktu, karena mudah diprediksi," kata Bamsoet.

Rencana CMNP disampaikan oleh Tito saat rapat di Parlemen, Kamis (2/7/2019). Rencananya, ada dua jalan tol yang akan memiliki jalur untuk sepeda motor. Pertama, jalan tol 11 kilometer dalam kota di kota Medan di sepanjang Sungai Deli Talud dari Maimoon ke Binjai yang akan mulai dibangun pada Juni 2019 mendatang. Kedua, CMNP Group juga akan membuka jalan tol baru dengan fasilitas khusus untuk dua orang. Kendaraan beroda di Bandung, 14 km dari Pasir Koja ke Pasopati, yang akan dimulai pada Maret 2019 tahun ini. (rgr / ddn)