Surabaya – Kegiatan komunitas pemilik mobil Ferrari, 2019 FOCI Trans Java Tour (1-3 / 3/2019), menerima bantuan dari unit Denwal (Penjaga Detasemen) Mabes Polri.

Ada sekitar 8 personil polisi yang bertugas mengawal acara ini sampai selesai. "Kendaraan pengawalnya, ada 2 mobil dan 4 motor," kata Paurwal Korlantas AKP Djoko Prihantono, di Surabaya.

Kendaraan resmi perwira polisi, termasuk sepeda motor, mungkin memang sepeda motor yang mengakses ruas jalan tol untuk keperluan patroli dan pengawalan.

Mobil yang digunakan oleh armada Denwal adalah sedan buatan Mazda. Motor besar (moge) yang digunakan sebagai armada pengawal oleh polisi adalah sepeda motor besutan BMW Motorrad, model K 1600 B.

Denwal Motorbike (Pengawal Detasemen) Mabes Polri Foto: Luthfi Anshori / detikOto

Sebagai informasi, BMW K 1600 B mengusung gaya bagger, yaitu konsep cruiser bermotor dengan tambahan dua kotak samping di belakangnya.

Karena ini adalah motor untuk keperluan patroli dan pengawalan polisi, livery K 1600 B diubah agar sesuai dengan identitas Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia.

BMW K 1600 B menggunakan mesin dengan kapasitas 1.649 cc 6 silinder, dengan tenaga puncak 160 hp pada 7.750 rpm dan torsi 175 Nm pada 5.250 rpm. Transmisi manual 6 kecepatan dan sudah ada gigi mundur sehingga motor 560 kg mudah digeser. (lua / lth)