Jakarta –

Masa dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah hukum Polda Metro Jaya akan berakhir hari ini, Senin (31/8/2020). Kasubdit SIM Bupati Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, hingga saat ini belum ada rencana perpanjangan dispensasi perpanjangan SIM.

“Hari terakhir adalah hari ini,” balas Hedwin melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (31/8/2020).

Sebagai informasi, sebelumnya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan kelonggaran bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis, di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Untuk mengurai antrian di lokasi layanan SIM, Ditlantas Polda Metro Jaya memperpanjang masa dispensasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat itu mengatakan dispensasi diberikan kepada pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada 17 Maret-29 Mei 2020.

Jadi bagi pelamar SIM yang merasa masa berlakunya telah habis dalam jangka waktu tersebut, disarankan untuk segera datang ke layanan perpanjangan SIM hari ini juga.

Untuk persyaratan perpanjangan SIM, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, pemohon perpanjangan SIM dikenai biaya Rp. 80.000 untuk SIM extension A dan Rp. 75.000 untuk perpanjangan SIM.

Persyaratan perpanjangan SIM A atau C adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP yang masih berlaku,
2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Pemeriksaan Kesehatan.

Bagi yang ingin memanfaatkan kelonggaran ini, bisa langsung mengunjungi berbagai kantor Satuan Administrasi (Satpas) SIM di 5 wilayah DKI Jakarta.

Tonton video "Melihat ketangguhan Yamaha MT-07 dan MT-09 seharga ratusan juta rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)