Jakarta –

Kebanyakan orang akan mengira mobil yang satu ini adalah ikon BMW Isetta. Padahal mobil mungil roda tiga ini diberi nama Heinkel Cabin Type 153.

Mobil ini dibuat oleh seorang ahli pesawat Jerman, Ernst Heinkel. Heinkel memang membuat mobil ini berdasarkan inspirasi dari BMW Isetta yang diberi sentuhan tersendiri.

Uniknya mobil di foto ini telah mengalami perubahan berbeda dari aslinya, terutama di dapur pacu. Pemilik mobil mengganti mesin 175cc mobil dengan Honda CBR1000RR 1.000cc pada tahun 1998.

Pergantian mesin ini juga menyebabkan perubahan gearbox. Mobil ini awalnya menggunakan transmisi 4 kecepatan. Kini dengan mesin motor, mobil menggunakan transmisi 6-percepatan.

Fakta lain adalah bahwa mobil ini tidak pernah dapat mundur sejak diciptakan. Karenanya tidak ada yang terlalu berbeda ketika mesin dan gearbox menggunakan motor diterapkan pada mobil ini.

Tidak hanya dalam kinerja, pemilik juga membuat modifikasi pada sasis dan bingkai. Struktur mobil dibuat lebih kuat dan lebih kuat dengan penggunaan baja yang akan membuatnya lebih berat tetapi masih cukup kuat untuk digerakkan oleh mesin motor 1.000cc.

Di dalam kabin juga mengalami perubahan dengan menggabungkan aura Heinkel dengan Honda CBR1000RR. Kursi dengan garis-garis kecil membentuk kotak untuk mendominasi warna interior mobil merah yang meriah ini. Atap mobil juga telah diganti dengan kanvas, lampu LED dan ban 10 inci.

Mobil modifikasi langka ini kebetulan dimasukkan ke dalam rumah lelang oleh pemiliknya. Pemenang lelang selain mendapatkan mobil juga akan menerima trailer, suku cadang asli sebelum dimodifikasi dan beberapa suku cadang.

Tawaran awal untuk lelang mobil ini dibuka pada USD 5.600. Mobil ini juga telah dilelang sebelumnya dan dalam kondisi asli penuh dengan tawaran USD 54.050.

Lihat videonya "Ronny Nopirman, Pembuat Mobil Mewah Replika dari Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)