Jakarta – Fitur kendaraan saat ini memang sangat memanjakan. Salah satu fitur yang membuat pengendara nyaman adalah cruise control.

Kontrol pelayaran ini dapat digunakan di jalan raya dengan lancar. Mungkin fitur ini hanya dapat digunakan pada perjalanan antar kota di seberang jalan raya.

Kontrol pelayaran adalah fitur kendaraan yang memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus. Misalnya, cruise control diatur pada kecepatan 80 km / jam, maka mobil akan melaju pada kecepatan itu dalam keadaan konstan. Di beberapa mobil, untuk menonaktifkan cruise control cukup tekan pedal rem, kecepatannya akan berkurang.

"Ini adalah salah satu fitur yang dapat membuat pengemudi lebih nyaman mengemudi. Ketika dipegang pada kecepatan tertentu, itu diaktifkan, gasnya bisa dilepaskan," kata Sony Susmana, Direktur Pelatihan Konsultan Pertahanan Indonesia (SDCI).

Bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan cruise control, mungkin berbahaya jika Anda tidak tahu bagaimana mengantisipasinya. Jangan sampai ketika kaki pengendara lebih rileks karena mereka tidak perlu menginjak pedal gas lagi alih-alih membuatnya puas.

"Jangan sampai pas menggunakan cruise control, jadi harus ngeri kalau gas yang diinjaknya itu karena kakinya tidak tahu harus berdiri di mana," kata Sony.

"Menurut pendapat saya, kembali kepada kami, kami mengenali kendaraan, itu harus memperhitungkan kondisi yang tidak dapat diukur. Kondisinya tiba-tiba, hindari atau bahkan terjadi crosswind (angin samping). Crosswind harus mengurangi kecepatan. Jika kita ingin menginjak rem, tapi tancap gas, "Fitur-fitur ini harus benar-benar dipahami bagaimana mereka beroperasi," lanjutnya. (rgr / lth)