Jerez –

Marc Marquez mengalami kecelakaan yang sangat buruk selama balapan MotoGP Spanyol 2020 di sirkuit Jerez akhir pekan lalu. Marquez mengalami kecelakaan tinggi 4 putaran sebelum selesai.

Ketika mengalami kecelakaan yang parah, Marquez terlempar dari motornya. Dia kemudian jatuh ke aspal, berguling di atas kerikil dan tertabrak sepeda motornya.

Yang menarik ketika kecelakaan Marquez adalah, pebalap Repsol Honda terlihat gemuk setelah jatuh. Bagaimana bisa?

Itulah efek airbag pada baju balap Marquez. Airbag mengembang tepat sebelum Marquez jatuh sehingga dia bisa melindungi tubuhnya.

[Gambas:Instagram]

Airbag menjadi perangkat wajib yang harus ada di baju balap MotoGP. Sejak 2018, semua pengendara harus mengenakan baju balap ber-AC. Airbag diyakini melindungi pengendara dari risiko cedera fatal.

Teknologi ini merupakan perlindungan pasif bagi pengendara saat terjadi kecelakaan. Jaket saku udara diklaim mengurangi cedera tulang selangka dan bahu secara drastis.

Sistem airbag menggunakan algoritma yang dapat mendeteksi kecelakaan. Airbag akan sepenuhnya mengembang dan melindungi bagian tubuh pengendara sebelum terjadi tabrakan. Perlindungan akan menutupi bagian belakang, dada, dan bahu.

Airbag memiliki dua muatan dan terus berkembang selama lima detik setelah jatuh. Baju balap memiliki sensor yang sangat canggih yang dapat mendeteksi apakah pengendara berada di trek atau tidak dan perbedaan antara jatuh dan hampir jatuh. Ini diaktifkan hampir secara instan, bahkan sebelum pengemudi menyentuh aspal.

Bahkan tahun lalu, ketika Marc Marquez juga mengalami kecelakaan di Sepang selama sesi kualifikasi, bagan data Alpinestars menunjukkan bahwa perangkat Tech-Air atau baju balap dengan airbag yang dikenakan oleh Marquez aktif 0,855 detik sebelum Marquez jatuh ke tanah. Artinya, airbag sangat meningkat ketika Marquez memantul dari kecelakaan sisi tinggi.

Sayangnya, ketika kecelakaan di Jerez akhir pekan lalu, Marquez masih mengalami cedera meskipun airbag pada baju balapnya telah mengembang. Meskipun masih bisa berdiri, Marquez dibawa ke rumah sakit. Setelah menjalani pemeriksaan x-ray, ternyata ada celah di lengan kanan atasnya. Dia dibawa ke Barcelona untuk menjalani operasi.

"Marc Marquez mengalami cedera, mungkin karena dampak langsung dari ban dengan lengan kanan, mengakibatkan fraktur di poros humerus, meskipun tidak sepenuhnya bergeser. Selain itu ada kemungkinan kelumpuhan saraf radial, meskipun tidak pasti, "kata ahli traumatologi MotoGP, Dr. Xavier Mir, dikutip dari Crash.

Tonton Video "Sebelum Jatuh, Marquez Ngegas dari Posisi 18 ke Posisi 3 di MotoGP Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)