Jakarta –

Alex Marquez memang belum mendapatkan hasil maksimal di MotoGP 2020. Pebalap berusia 24 tahun itu secara terbuka mengakui kalau Honda RC213V sulit dijinakkan, meski sudah mendapat saran dari Marc Marquez.

Hasil terbaik Alex Marquez saat finis kedelapan di MotoGP Andalusia. Penampilannya semakin menurun saat tampil di Red Bull Ring. Di MotoGP Austria, Alex finis ke-14. Kemudian di MotoGP Styria, Alex menduduki peringkat ke-16. Bahkan di MotoGP San Marino, Alex harus puas berada di posisi ke-17.

“Nasehat yang selalu Marc bilang, harus kendalikan motor honda, jangan biarkan motor itu mengontrol anda, karena akan lepas kendali”.

“Motor Honda ini perlu mengambil alih dari setang, (berusaha) keras, dan membuat motor bergerak kemana pun Anda mau, karena jika tidak maka tidak mungkin (mengontrol RC213V), itu & # 39; Itu nasehat yang diberikan Marc kepada saya, ”ujar Alex Marquez seperti dikutip dari The-race, Minggu (20/9/2020).

Dominasi Marquez di MotoGP memunculkan rumor bahwa Honda baru saja membuatkan motor untuknya. Ada asumsi bahwa RC213V dibuat hanya untuk The Baby Alien. Menurut Alex Marquez, pebalap lain juga menyebut Honda RC213V sulit dikendalikan.

"Kami tahu ini motor yang sulit, tuntutan dari para pengendara, semua pengendara yang mengendarai motor ini mengatakan hal yang sama, jadi saya bukan satu-satunya."

“Ini motor yang radikal, tapi ketika Anda memiliki segalanya dan Anda mampu mengendalikannya, itu memiliki banyak potensi. Kami masih butuh lebih banyak waktu,” tutup Alex Marquez.

Alex Marquez belum tahu kenapa motornya tidak tampil maksimal di Misano. Bisa jadi salah satu masalahnya adalah pemilihan ban yang salah. Hasil kualifikasi, Alex harus memulai balapan dari posisi 17.

"Motor ini terasa hebat tapi saat kami pasang ban baru semuanya lepas kendali, motor sedikit berubah, dan menjadi radikal. Motornya banyak bergerak, goyang, itulah yang saya coba kendalikan atau terbiasa, tapi masih sulit buat saya. "

"Saya mungkin perlu sedikit memejamkan mata dan mendorong lebih banyak, tetapi saat ini saya tidak punya perasaan untuk melakukannya," tutup Alex Marquez.

=======

Seri lanjutan MotoGP 2020 akan digelar kembali di Sirkuit Misano, San Marino (20/9). Seri balap bertajuk MotoGP Emilia Romagna 2020 ini juga tayang langsung di kanal Trans7 dan detikOto, mulai pukul 19.00 WIB.

Tonton "Quartararo Tercepat dalam Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)