Wheel loader adalah kendaraan alat berat yang digunakan untuk pekerjaan konstruksi, pertanian, dan lansekap. Dapat melakukan empat tugas umum: menyendoki, menggali, membuang, dan membawa. Dalam konstruksi, dapat digunakan untuk memuat material seperti batu bata, pasir atau aspal ke mesin atau kendaraan lain. Dalam pertanian, itu dapat digunakan untuk membawa dan mengangkut jerami, mendistribusikan pakan atau menyebarkan pupuk. Dalam lansekap, dapat digunakan untuk membersihkan sikat dan kotoran lainnya dari area kerja.

Wheel loader memiliki ban yang tahan lama dengan ulir besar dan kasar yang memungkinkan kemampuan manuver. Sebagian besar merek dan model modern juga menggunakan sistem kemudi hidraulik, yang memungkinkan gandar depan dan belakangnya memiliki bobot lebih besar daripada sistem kemudi otomatis. Fitur ini sangat berguna ketika kendaraan alat berat ini perlu bekerja dengan material yang berat dan padat.

Dengan berbagai tugas yang dapat dilakukan dan berbagai fitur praktisnya, tidak diragukan lagi bahwa wheel loader adalah mesin serba guna. Namun, tidak semua kendaraan ini dibangun sama. Dalam artikel ini kami membahas berbagai jenisnya. Memahami desain dan fungsi mereka dapat membantu Anda memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pemuat beroda berat

Ada berbagai merek dan model loader, yang dapat dikategorikan ke dalam wheel loader berat dan ringan.

Heavy loader dapat memiliki berat lebih dari 50.000 pound dan memberikan daya kuda lebih dari 230 hp. Loader yang dirancang untuk industri berat ini mencakup front end, backhoe, bucket dan scoop loader. Sekop sendok berat dapat ditambahkan ke salah satu ujung loader untuk membawa dan mengangkut bahan, membersihkan serpihan dan menggali. Di daerah di mana salju dialami selama musim dingin, loader berat dapat digunakan untuk membersihkan salju dalam jumlah besar karena mereka dapat menembus salju tebal. Alat atau alat lain juga dapat dilekatkan untuk membuatnya melakukan tugas yang lebih luas.

Pemuat roda ringan

Pemuat cahaya jauh lebih kecil dan lebih ringan daripada rekan beratnya dengan tenaga kuda yang berkisar antara 18 hingga 50 jam. Mereka termasuk loader utilitas mini dan kompak. Mereka umumnya digunakan oleh petani, peternak dan pemilik swasta karena ukurannya yang kompak dan fleksibilitas. Sebuah mini loader bahkan bisa digunakan di dalam gedung! Beberapa alat dan alat mungkin melekat padanya untuk membuatnya melakukan lebih banyak tugas termasuk membawa dan mengangkut bahan ringan, mengangkut jerami, mengangkat peti palet, mendistribusikan pakan untuk pekerjaan ternak dan lansekap. Ini adalah mesin serbaguna yang dapat beradaptasi dengan baik untuk tugas yang berbeda.

Beberapa kata akhir

Sementara wheel loader berat lebih mahal daripada rekan-rekan mereka yang lebih ringan dan lebih kecil, semua jenis adalah investasi yang signifikan sehingga membuat Pastikan Anda memilih merek dan model terbaik yang sesuai dengan tujuan Anda. Luangkan waktu Anda untuk melakukan penelitian yang diperlukan dan melihat semua opsi yang tersedia sebelum membuat keputusan untuk membeli. Beberapa dealer dapat menyediakan loader untuk disewakan, tetapi dalam jangka panjang, total pengeluaran Anda untuk menyewa bisa lebih mahal daripada saat Anda membeli satu untuk penggunaan Anda. Ini dapat membantu untuk mendiskusikan kebutuhan Anda dengan dealer tepercaya karena mereka dapat memberi Anda saran tentang jenis mana yang akan menjadi investasi yang cerdas dan berharga.