Jakarta –

Akhir pekan lalu, viral kerumunan pengendara sepeda memasuki Tol Jagorawi. Peristiwa yang terjadi di tol Jagorawi KM 46 + 500 itu menunjukkan beberapa pengendara sepeda melintas di kiri kanan jalan tol tersebut.

Tak hanya itu, beberapa pengendara sepeda yang masuk ke tol juga terlihat melintas ke arah jalan tol tersebut. Hal ini sangat disayangkan, mengingat jalan tol hanya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Dengan mengakses jalan tol bahkan dengan arah berlawanan, pengendara sepeda tentu saja membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Jika kamu ingin terluka jangan bawa orang lain!" komentar praktisi keselamatan berkendara yang juga merupakan Instruktur Senior Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (14/9/2020).

Menurut Sony, akhir-akhir ini banyak pengendara sepeda yang mengemudi secara tidak logis. Ia menegaskan bahwa jalan raya adalah milik bersama, sehingga kita harus memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Sepeda Viral Masuk Jalan Tol di Bogor dan Seberangnya. Foto: Tangkapan Layar Video Viral

“Jangan pernah mengira bahwa selama jalan itu bisa dilalui berarti boleh, dan jangan mengira karena tidak bermesin berarti bebas dari jerat hukum,” kata Sony.

Sony melanjutkan, ada hal yang harus dipahami pengendara sepeda untuk mengurangi risiko kecelakaan, yakni bagaimana menghindari bahaya. Artinya, selama pengendara sepeda berada di jalan raya, risiko kecelakaan menjadi tinggi.

Jadi naiklah hati-hati. Sering membuat keputusan yang salah, kecelakaan mengintai, kata Sony.

"Dan pentingnya mematuhi aturan. Artinya saat bersepeda lihat rambu-rambu dan jangan melanggarnya," ujarnya.

Tonton video "Wow! Sekelompok Pengendara Sepeda Masuk Tol Jagorawi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)