Jakarta –

Kasus pencurian dengan memecahkan kaca depan kendaraan yang merugikan Zen Zanuar hingga miliaran rupiah adalah pelajaran bagi kita. Ini bukan hanya masalah lebih memperhatikan lokasi parkir, tidak menaruh barang berharga di dalam mobil saat parkir, dan untuk mengasuransikan kendaraan agar lebih aman.

Tapi berapa lama waktu untuk mengompensasi Zen Zanuar? VP Senior Komunikasi dan Manajemen Layanan Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto menjelaskan bahwa jika ada bagian yang diperlukan di bengkel mitra, penggantian akan dilakukan dengan cepat.

"Tergantung ketersediaan suku cadang, jika ada akan segera diganti dan kemudian dipasang kaca. Jika ada dan disebutkan dalam kebijakan sudah menggunakan kaca film, maka akan segera diganti dengan menggunakan kaca film," kata Iwan.

Jika kendaraan telah dimodifikasi dan modifikasi kendaraan telah dilaporkan ke asuransi, maka asuransi akan segera melakukan perubahan.

"Semua perubahan pada kendaraan harus dilaporkan ke asuransi. Agar jelas, jika kaca dipasang dengan kaca film dan pemasangan kaca film tidak diinformasikan kepada pihak asuransi. Maka penggantiannya hanya kaca pabrik standar sesuai dengan apa yang telah dinyatakan sesuai dengan polis. Tanpa kaca film pengganti, dengan catatan kaca film belum dilaporkan ke perusahaan asuransi, "tambah Iwan.

Berdasarkan aturan Kebijakan Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), Pasal 8 tentang Perubahan Risiko pada paragraf satu dan dua, dinyatakan bahwa pemilik harus memberi tahu Penanggung atau penanggung setiap kali mereka melakukan perubahan pada mobil yang diasuransikan. . Dalam hal ini modifikasi pada mobil.

Berikut ini adalah bunyi artikel:

Pasal 8: Perubahan Risiko

Tertanggung wajib memberi tahu Penjamin mengenai keadaan yang meningkatkan risiko yang dijamin oleh Polis, selambat-lambatnya 7 hari kalender jika ada perubahan dalam porsi kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.
Sehubungan dengan perubahan risiko pada paragraf di atas, Penanggung berhak:
2.1. menetapkan bahwa pertanggungan ini dilanjutkan dengan tarif premi yang ada atau dengan tarif premium yang lebih tinggi dari standar.

2.2. mengakhiri pertanggungan dengan mengembalikan premi sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat dua.

Bab 2: Pengecualian

Pasal 3

Cakupan ini tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan yang terjadi untuk:

5.1. peralatan tambahan yang tidak disebutkan dalam Pembelian polis.

5.2. ban, roda, dop roda yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain dari Kendaraan Bermotor kecuali yang disebabkan oleh risiko yang dijamin dalam Pasal 1 ayat satu poin 1.2, 1.3, 1.4.

5.3. kunci dan atau bagian lain dari Kendaraan Bermotor ketika tidak terpasang pada atau di dalam kendaraan yang diasuransikan.

5.4. bagian dari Kendaraan Bermotor yang aus karena penggunaan, sifat kurangnya bahan itu sendiri atau salah dalam menggunakannya;

5.5. Sertifikat Nomor Kendaraan atau registrasi kendaraan, Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan atau dokumen Kendaraan Bermotor lainnya.

Lihat video "Pengujian Langsung Maung Dibuat oleh Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)