Jakarta – Road Sweeper atau mobil penyapu jalan serta kendaraan pada umumnya. Perlu perawatan rutin agar kinerjanya tetap optimal.

Bekerja setiap hari, dengan waktu kerja lima jam (00.00 – 05.00 WIB), akan ada kerusakan pada komponen yang bergerak cepat.

Tapi Otolovers ternyata Road Sweeper tidak dibawa ke bengkel. Tetapi mekanisme Agen Pemegang Merek (APM) datang langsung ke kantor layanan untuk memperbaiki. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Sarana dan Prasarana Departemen Lingkungan Hidup Hari Nugroho kepada detikOto di kantor DLH di Cililitan, Jakarta Timur.

"Layanan kami langsung ke APTM, baik Hino-Ceksan dan Dulevo, sistem diambil dengan menyimpan mobil, sehingga tidak mengganggu operasi," kata Hari.

Layanan seperti menyimpan mobil biasanya digunakan untuk mobil yang memperbaiki layanan pada perusahaan bus / truk, tetapi dilengkapi dengan mekanik yang dapat langsung memperbaiki kerusakan di tempat.

Road Sweeper juga memiliki suku cadang yang memiliki masa manfaat.

"Karena penggunaan seumur hidup, cepat diganti dengan menyikat (alat sapu) biasanya setiap 3 sampai 6 bulan, lalu seperti segel hidrolik, perawatan rutin hanya menggantinya, dengan minyak," kata Hari. (riar / kering)