Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dengan perkembangan industri sepeda motor di Indonesia. Hal ini terungkap setelah ia puas berkeliling pameran motor Indonesia (IMOS) 2018, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/11/2018).

"Pertama, saya datang ke sini karena saya ingin melihat kemajuan di bidang produksi sepeda motor. Sekarang produksi nasional kita adalah 6.500.000 sepeda motor, dan hampir 600.000 di antaranya diekspor. Ini bagus," kata Jokowi di Indonesia Motorcycle Show (IMOS ) 2018.

"Saya selalu bertanya, selama kunjungan saya, yang ekspor. Mereka menunjukkan, yang ini, yang satu ini. Negara yang sudah masuk oleh sepeda motor rakitan kami ini punya hampir 45 negara. Sekarang sayatan ini sangat bagus karena Indonesia mampu mengekspor sebanyak itu. , "dia menambahkan.

Untuk yang kedua, Jokowi juga terus bertanya tentang konten lokal pada beberapa motor yang ia incar.

"Konten lokal sepeda motor kami hampir 95 persen, di atas 90 persen. Ini sangat bagus. Jadi kami hanya berpikir tentang bagaimana untuk dapat memasuki pasar baru yang sesuai," kata Jokowi.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman, pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa Jokowi terkejut bahwa industri sepeda motor di Indonesia semakin besar.

"Pak Jokowi sedikit kaget, ternyata industri motor ini punya banyak peserta. Ini juga yang terbesar di Indonesia (IMOS). Dia juga berbicara tentang konten lokal dan ekspor sepeda motor," jelasnya. (ruk / lth)