Jakarta – Setelah calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto, Calon Presiden nomor 01, Joko Widodo tiba di Hotel Sultan untuk mengambil bagian dalam debat terakhir.

Prabowo adalah orang pertama yang menggunakan Toyota Alphard putih sedangkan setelahnya Jokowi dalam Alphard hitam tiba di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam.

Jokowi keluar dari mobil ditemani istrinya, Iriana yang mengenakan kemeja merah dengan syal merah melilit lehernya. Sementara Jokowi menggunakan baju putih dan topi hitam dan meluangkan waktu untuk menjawab sejumlah pertanyaan wartawan sebelum melambaikan tangannya ke Hotel.

"Kami hanya mengalir seperti biasa, kami baru saja datang dari GBK untuk kembali mandi dan meninggalkan tempat ini. Harus optimis bahwa memasak tidak optimis," kata Jokowi.

Pertanyaan pemasangan, berdasarkan data laporan kekayaan, Jokowi memiliki beberapa koleksi mobil termasuk Suzuki Pick-up 1997, 2 truk Isuzu buatan tahun 2002, Mercedes-Benz pada 2004 dan 1996, Daihatsu Espass, Nissan Grand Livina pada 2010, Isuzu Panther St Wagon 1996, Toyota Kijang Innova 2011, dan Nissan Juke pada 2012.

Tidak lama kemudian, pasangan Calon Wakil Presiden nomor 01, Ma ruf Amin juga tiba di debat dengan menggunakan warna dan mobil yang sama, Toyota Alphard hitam. Sama seperti Jokowi, Amin juga turun bersama istrinya, Wury Estu Handayani dengan pakaian putih.

Seperti calon wakil presiden nomor 02 Sandiaga Uno, ruf Amin juga hanya memiliki dua mobil. Perbedaannya adalah kata sandi pecinta Nissan sedangkan Amin adalah pecinta Toyota. Amin tercatat memiliki keluaran Toyota Alphard 2.5 G AT pada 2018 dan Toyota Fortuner 2.4 4×2 AT VRZ (rip / ddn)