Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji profesi pengemudi sebagai profesi yang mulia. Apalagi, Jokowi mengatakan almarhum ayahnya juga seorang sopir bus dan truk.

Jokowi menyebutkan hal ini ketika menghadiri sosialisasi keselamatan untuk pengemudi truk di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara.

"Pertama, pengemudi adalah profesi yang sangat mulia. Ayah saya yang sudah meninggal adalah seorang sopir truk dan sopir bus. Mengapa saya mengatakan pengemudi itu adalah profesi yang mulia, karena di situlah saya bisa bersekolah," kata Jokowi di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/3/2019).

Jokowi mengatakan profesi pengemudi truk sangat penting. Perannya dalam mendistribusikan kebutuhan pokok dan logistik untuk warga sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kembali lagi, mengapa para pengemudi profesi mulia? Karena mereka membawa barang dari satu tempat ke tempat lain untuk kebutuhan masyarakat, apa pun barangnya. Apa pun barangnya," jelas Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, pengemudi selalu menjaga keselamatan di tempat kerja. Menurutnya, ada keluarga di rumah yang harus selalu menjadi tujuan utama dalam bekerja dengan aman.

"Saya minta untuk benar-benar melindungi keselamatan kita semua. Pertahankan keselamatan kita. Jangan biarkan pengemudi mengantuk saat mengemudi. Ini bisa berakibat fatal," katanya. (fdu / rgr)