Jakarta –

Nasib Honda Jazz kurang beruntung di Amerika Serikat. Penjualan mobil tidak diminati sehingga Honda memilih untuk berhenti menjual. Faktanya adalah jenis mobil hatchback sekarang kurang diminati di Amerika Serikat.

Dikutip dari Autoblog, Selasa (21/7/2020) penjualan Honda Jazz atau Honda Fit yang tidak laris, membuat pabrikan berlambang H tegak mengatur strategi. Honda HR-V dan Honda Civic hatchback menjadi fokus Honda di segmen entry level untuk pasar Amerika Serikat.

Penerimaan Honda Jazz di negeri Paman Sam semakin menukik. Dilansir dari Carscoops, Selasa (21/7) Honda Amerika Serikat mampu menjual Jazz sebanyak 56.630 pada 2016. Namun jumlahnya telah menyusut menjadi sekitar 35.000 unit selama dua tahun terakhir. Sampai penjualan dihentikan tahun ini.

Dengan demikian, generasi keempat Honda Jazz, yang diaspal di Tokyo Motor Show pada 23 Oktober 2019, tidak akan dipasarkan di Amerika Serikat.

Sebenarnya bukan hanya Honda Jazz, Toyota juga secara resmi menghentikan produksi Yaris di Amerika Serikat. Yaris hatchback dan Yaris sedan akan dihentikan produksi mulai akhir Juni 2020.

Nasib Honda Jazz tidak jauh berbeda dengan penjualan Civic Coupe dan Accord transmisi manual di negeri paman sam.

Honda mengatakan bahwa empat tahun lalu Civic Coupe menyumbang 16 persen dari seluruh penjualan Civic di Amerika Serikat, tetapi jumlahnya menurun, dengan hanya 6 persen yang tersisa.

Sementara transmisi manual enam percepatan Accord juga akan mengalami nasib yang sama seperti Honda Jazz. Perusahaan mengungkapkan produksi Accord Manual yang sebenarnya akan berakhir pada bulan Desember.

"Kami akan sangat fokus pada Civic dan Accord yang secara efektif menciptakan citra merek Honda di AS," Asisten Wakil Presiden Amerika untuk Perencanaan Produk, Gary Robinson, mengatakan kepada Automotive News.

Lihat videonya "All New Honda Jazz Floating di 2019 Tokyo Motor Show"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)