Bogor – Beberapa wajah baru memeriahkan lomba Honda Jazz Speed ​​Challenge dan Honda Brio Speed ​​Challenge 2019, salah satunya adalah mantan pembalap motor Muhammad Fadli Immammuddin atau yang biasa dipanggil M. Fadli.

Bersiap untuk balapan dengan waktu singkat, ia sekarang diyakini berada di belakang kemudi Honda Jazz untuk bersaing memperebutkan juara di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Awal karir Fadli di sepeda motor dimulai pada awal 2000-an dengan skuter. Kemudian beralih ke duckbikes 110cc dan 125cc. Prestasi untuk pencapaian tersebut diraih seperti juara nasional pada 2004 dan 2007. Bahkan, ia pernah menjadi kontingen DKI Jakarta di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004 dan mendapat medali emas.

Tidak cukup untuk sampai ke sana, Fadli kemudian mencoba kelas yang lebih tinggi, 600cc Supersport. Dia melakukannya cukup lama dan memenangkan banyak juara. Sampai akhirnya di Kejuaraan Balap Asia Road 2015, tepatnya pada 7 Juni, Fadli mengalami bencana yang mengubah jalan hidupnya.

Dalam acara tersebut, Fadli berhasil menjadi pemimpin dengan catatan waktu 24 menit 13 detik. Fadli merayakannya dengan menyapa para pendukungnya di Sirkuit Sentul sesaat setelah melewati garis finish. Namun sayangnya, saat itu ia juga mengalami insiden dengan pembalap Thailand, Jakkrit Sawangswat.

Fadli yang berada di sisi kanan lintasan dengan kecepatan rendah ditabrak oleh warga Jakarta dari belakang. Hasilnya cukup fatal, bahkan membuat mereka harus dilarikan ke rumah sakit. Singkat cerita, karena kejadian itu Fadli harus kehilangan kaki kirinya. Pada saat yang sama membuatnya berhenti menjadi pembalap sepeda motor.

Setelah cukup lama untuk mengobati rasa sakit & # 39 ;, Fadli kembali ke dunia olahraga. Masih dengan dua roda, ia memutuskan untuk menjadi atlet balap sepeda. Hingga saat ini, ia terus membuat nama tanah air dalam olahraga seperti prestasi berbagai medali di Asian Para Games 2018.

Sudah lama sekali untuk mencicipi trek sirkuit, sekarang nama Fadli kembali ke layar balap. Namun kali ini dalam olahraga roda empat tepatnya di Honda Jazz Speed ​​Challenge 2019 yang diadakan oleh PT Honda Prospect Motor.

"Ini dunia baru saya. Saya juga dipercaya dalam balapan mobil baru-baru ini. Untungnya, ada banyak yang mendukung sehingga saya bisa masuk ke sirkuit lagi. Sangat buruk bagi saya untuk melewatkan balapan di trek bahkan dengan roda yang berbeda, "katanya di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Minggu (4/7/2019).

"Saya mulai belajar menggunakan Brio. Ya, karena ada banyak teman, saya bertanya banyak tentang mengendalikan mobil secara efisien. Di sini saya membawa Honda Jazz," M.Fadli menanggapi lagi.

Dirinya yang tidak pernah menyerah meski dengan kaki tidak sempurna patut diacungi jempol. Tekadnya untuk menjadi atlet yang bisa membanggakan Indonesia sangat besar.

"Saat ini saya tidak naik podium, tetapi dilihat dari perkembangannya terus meningkat. Semoga ini pertanda baik," katanya. (ruk / kering)